Advertorial

Trik Cerdas Agar Terus Tertarik Membaca Buku

Kompas.com - 23/08/2017, 15:00 WIB

Apakah Anda hobi membaca buku? Apabila iya, berarti Anda termasuk orang-orang yang beruntung memiliki hobi tersebut. Kenapa? Karena membaca memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak.

Selain menambah wawasan, membaca buku juga mampu membuat otak selalu aktif setiap waktu. Tidak peduli apapun jenis bacaan pilihan Anda, seperti novel, bisnis, majalah atau ensiklopedia. Manfaat membaca buku lainnya yaitu mampu memberikan hiburan dan sarana refreshing bagi sebagian orang.

Namun, jika Anda baru memulai hobi membaca buku dan ingin terus tertarik untuk melalap buku bacaan yang sudah dibeli, ada tips yang bisa diikuti. Dilansir dari Spreeder, ada beberapa cara cerdas bagi Anda agar bisa berhasil menjadi seorang pembaca buku.

1. Luangkanwaktu untuk membaca

Apabila sudah meniatkan diri untuk bisa membaca habis sebuah buku, maka Anda perlu menyediakan waktu untuk itu. Luangkan waktu untuk membaca sekitar 15 menit per hari atau berdasarkan halaman yang Anda mampu. Jika konsisten membaca sesuai waktu yang disediakan, pada akhirnya buku bisa benar-benar dibaca sampai habis. Keberhasilan membaca sebuah buku sampai selesai menjadi kesenangan tersendiri karena berhasil membuktikan kedisiplinan diri dalam menuntaskan sebuah hal termasuk membaca buku.

2. Selalu bawa buku dalam tas

Ada beberapa barang yang tidak pernah lupa Anda bawa setiap harinya. Bisa kunci kendaraan, buku jurnal, dompet atau ponsel. Jika berkomitmen untuk menjadikan membaca sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari, maka jangan lupa siapkan pula tas berisi buku yang siap dibawa ke mana pun. Buku ini bisa dibaca kapan pun di waktu luang. Saat di kendaraan, istirahat makan siang atau saat sedang menunggu.

3. Buat daftar buku bacaan

Saat punya keinginan untuk segera membaca, kadang seseorang tidak tahu harus memulai dari mana. Apa buku yang benar-benar ingin dibaca, siapa pengarang buku dan buku apa yang sebenarnya dibutuhkan. Agar tidak membuang waktu dalam kebingungan lantaran memikirkan buku untuk dibaca, maka bisa membuat daftar buku bacaan.

Anda pun dapat melakukan riset dengan mencari daftar buku di internet. Jangan terlalu banyak mendaftar judul buku untuk jadi pilihan. Mungkin untuk kurun waktu setahun, bisa mendaftar 10 sampai 20 judul buku yang akan dibaca.

Beberapa tips di atas semoga bisa membantu untuk benar-benar menjadikan buku sebagai bahan bacaan yang membuka wawasan berpikir dan menjadikan Anda lebih kaya pengetahuan. Kuncinya adalah disiplin. Semoga berhasil.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com