Advertorial

Jelajah Sabang Sampai Merauke, Bangun Bisnis Logistik (Bagian 2)

Kompas.com - 24/08/2017, 17:54 WIB

Upaya Hura Kamadjaja membangun perusahaan logistik memang penuh lika-liku. Banyak aspek yang harus ditangani, misalnya kecepatan dan persaingan yang cukup ketat.

Namun, saat ini Hura boleh menikmati kesuksesan dari hasil jerih payahnya merintis PT Kamadjaja Logistics. Berdiri sejak 1974, perusahaan ini kini telah memiliki jaringan distribusi yang mencakup lebih dari 355 titik tujuan di seluruh Indonesia.

PT Kamadjaja Logistics, disebut sebagai salah satu perusahaan logistik terbesar penyedia solusi logistik terintegrasi di Indonesia. Perusahaan ini diresmikan sebagai pengelola Pusat Logistik Berikat (PLB) oleh Presiden Jokowi pada bulan Maret 2016, serta diberikan penganugerahan sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) bulan Januari 2016 oleh Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro.

Dengan memiliki sertifikat AEO ini, PT Kamadjaja Logistics diakui secara dunia dalam hal rantai pasokan dan melalui system AEO ini, setiap perusahaan di Indonesia dapat lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan pelayanan transaksi ekspor-impor antar perusahaan di negara lain yang sudah terapkan system AEO ini.

Layanan jasa yang ditawarkan juga komplet. Misalnya solusi logistik dengan  sistem pengelolaan pergudangan yang menggunakan sistem aplikasi logistik online sehingga mampu mempersingkat operasional sejak dikerjakannya order hingga proses pengiriman produk.

Kemudian, pengelolaan inventaris atau warehouse management system (WMS) yang mempertahankan tingkat akurasi stok dan ketepatan maksimal, pengelolaan distribusi serta pengelolaan order.

Perusahaan juga menyediakan solusi nilai tambah seperti jasa konsultasi supply chain, proyek kargo, jasa pengemasan ulang, dan toll manufacturing. Ada juga solusi ekspedisi, antara lain ekspedisi kargo internasional, ekspedisi kargo domestik dan transportasi darat, serta, solusi perantara. Misalnya, menyediakan jasa pengurusan bea cukai untuk proyek-proyek besar, industri besar, pengurusan dokumen -kepabeanan, konsultasi bea cukai, ataupun pengurusan duty drawback.

Salah satu kunci kesuksesan Hura dalam mengelola PT Kamadjaja ialah dengan membangun jaringan. Bagi dia, berteman merupakan salah satu aset yang berharga. Jaringan itulah yang kemudian banyak membantu mengembangkan bisnisnya baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Beberapa yang menjadi panutan Hura antara lain Hakim Alm. John Loudoe, SH dan Alm. Jusuf Indradewa, SH. “Saya memiliki banyak teman yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, namun kedua orang tersebut membuat saya belajar tentang ilmu hukum, memberikan motivasi, semangat hidup serta inspirasi,” tuturnya.

Pada tahun 2010, Hura mempercayakan tongkat estafet kepemimpinannya kepada ketiga anak-anaknya. Putra pertamanya, Ivan Kamadjaja, menjabat sebagai CEO.  Sedangkan putrinya, Ivy Kamadjaja dipercaya sebagai Deputy CEO, dan John Eric Kamadjaja duduk sebagai President Commisioner.

Posisi tersebut tidak diberikan secara cuma-cuma. Hura meminta anaknya untuk memulai dari nol, dengan cara bekerja di perusahaan lain sebagai karyawan, agar ketiganya menjadi pribadi yang kuat.

“Sehingga anak-anak bisa merasakan kerasnya menjadi karyawan, seperti saya dulu saat harus merasakan kerasnya pelabuhan. Dengan demikian bisa membentuk pribadi yang kuat,” kata dia. 

Sebelum menduduki jabatan tinggi di Kamadjaja, Hura mewajibkan anaknya memahami proses ekspedisi, dari awal sampai akhir. Kini, Hura berharap Kamadjaja Logistics bisa makin maju menuju kejayaan. Menurut dia, kesuksesan yang diperolehnya selama hampir lima dekade itu terwujud karena landasan atau nilai dasar yang dikembangkan di perusahaan, yakni, menjunjung tinggi integrity, dedication, teamwork, continuous improvement, dan quality.

Sumber: Website BCA Prioritas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com