kabar ketenagakerjaan

Kemenaker Gelar Bursa Kerja Nasional 2017 di Kemayoran

Kompas.com - 24/08/2017, 19:32 WIB

Ajang Bursa Kerja Nasional akan kembali digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pada 25-26 Agustus 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tahun ini Bursa Kerja Nasional Mengusung tema “Peningkatan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja guna Memperluas Kesempatan Kerja.” Berbeda dari pelaksanaan di tahun sebelumnya, Kemenaker menjanjikan lebih banyak kesempatan kerja dan perusahaan yang berpartisipasi.

Tahun lalu, Bursa Kerja Nasional hanya diikuti oleh sekitar 100 perusahaan. Tahun ini akan ada lebih kurang 12.000 kesempatan kerja dari sekitar 207 perusahaan. Perusahaan-perusahaan tersebut juga bergerak di sektor-sektor yang lebih beragam seperti ritel, konstruksi, manufaktur, asuransi dan perbankan, minyak dan gas bumi, media cetak dan elektronik, otomotif, dan masih banyak lagi.

"Bursa Kerja Nasional ini dalam rangka memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh informasi lowongan yang sesuai minat, bakat, dan kemampuan. Selain itu membantu perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang berkualitas, terampil,  dan profesional,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Maruli Apul Hasoloan, Rabu (23/8/2017) lalu.

Maruli mengatakan selama ini perusahaan-perusahaan sering mengalami kesulitan untuk mencari sumber daya manusia yang berkualitas dan cocok dengan kebutuhan perusahaan. Di sisi sebaliknya, pencari kerja yang jumlahnya sangat banyak sulit juga menemukan perusahaan yang memerlukan keterampilannya.

“Pemerintah berkewajiban membantu mempertemukan kedua belah pihak yang saling membutuhkan tersebut, karena tenaga kerja yang terampil dan profesional merupakan kunci keberhasilan untuk menjalankan dunia usaha,” ujar Maruli.

Bursa Kerja Nasional 2017 akan diselenggarakan di Hall C2-C3 JIExpo Kemayoran. Acara akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap hari selama periode pelaksanaan. Tidak hanya kesempatan kerja saja, Bursa Kerja Nasional 2017 juga akan diisi dengan seminar pembekalan dan motivasi untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs e-bursakerja Kemenaker dan http://jiexpo.com/jobfair. Saat ini jumlah pencari kerja yang mendaftar secara online sudah mencapai lebih dari 16.000 orang, terdiri atas pria dan wanita dengan berbagai latar pendidikan. Jumlah ini juga termasuk jumlah pencari kerja dengan disabilitas.

Selain pendaftaran online, Kemenaker juga membuka pendaftaran langsung di lokasi. Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut secara langsung dapat juga menghubungi call center 021-26645000.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com