Advertorial

Semakin Praktis, Memasak Pun Sekarang Sudah Bisa Otomatis

Kompas.com - 25/08/2017, 08:00 WIB

Kepraktisan mungkin menjadi satu kata yang cocok untuk menggambarkan karakter generasi sekarang, dan tentunya generasi selanjutnya. Apalagi untuk mereka yang tinggal di perkotaan.

Memang aktivitas di perkotaan yang sedemikian padat membuat waktu menjadi sesuatu hal yang sangat terbatas. Maka kita semua menginginkan segala hal yang praktis. Termasuk dalam menyiapkan makanan.

Melihat karakternya yang seperti itu, maka wajar saja makanan cepat saji pun menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Walaupun memang praktis, gaya hidup seperti ini tidak selalu baik. Baik dari sisi kesehatan maupun keuangan.

Memasak memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan sendiri terutama masakan spesial cukup panjang yaitu dimulai dari menyiapkan bahan makanan, memotong-motong, membumbui, kemudian memasaknya.

Dalam proses memasak pun banyak jenis masakan yang tidak bisa ditinggal karena harus terus diaduk agar masakan tersebut tidak rusak. Mau tidak mau Anda harus menungguinya sampai masakan Anda selesai.

Namun seperti hal lainnya yang sekarang serba otomatis, kemajuan teknologi saat ini pun sudah berhasil membuat memasak juga menjadi otomatis. Kali ini pioneer adalah SHARP, dengan produknya Healsio Automatic Cookware.

Produk ini memecahkan permasalahan masyarakat perkotaan yang tidak punya waktu untuk memasak, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah siapkan, masukkan, nyalakan, dan tinggalkan. Sisanya akan dilakukan secara otomatis oleh Healsio Automatic Cookware.

Tiga keunggulan

Healsio Automatic Cookware memiliki tiga keunggulan. Yang pertama yaitu Automatic Cooking yang didukung dua teknologi yaitu Automatic Heating dan Automatic Stirring. Dengan Automatic Heating pengguna dapat mengatur tingkat panas dalam memasak dengan tiga pilihan: tinggi, sedang dan rendah.

Teknologi Automatic Heating ini tidak hanya menggunakan elemen pemanas saja, tetapi dilengkapi juga dengan Steam Sensor dan Temperatur Sensor. Kedua sensor ini berfungsi mendeteksi jenis makanan guna menghindari masakan hangus atau meluap serta dapat melindungi makanan dari bakteri dan jamur.

Sedangkan teknologi Automatic Stirring berfungsi sebagai pengaduk otomatis untuk membuat masakan menyatu dengan baik. Fitur ini dapat mendeteksi jenis dan jumlah makanan yang hendak dimasak. Terdapat 330 pola gerakan memutar yang disesuaikan dengan jenis masakan dan pengaturan masakan.

Terdapat tujuh pilihan tombol pengaturan memasak pada Healsio Automatic Cookware yaitu:  curry/soup, simmer, boil, steam, noodle, ferment, hingga dessert. Selain itu terdapat 115 menu memasak yang tersedia dan setiap pengaturan memiliki sistem pengadukan sendiri berdasarkan porsi masakan dan tingkat kelembutan masakan tersebut.

Keunggulan ketiga dari Healsio Automatic Cookware ini adalah Waterless, yaitu dapat memasak tanpa air. Manfaat memasak tanpa air akan menghindari hilangnya nutrisi dan vitamin dalam sayuran akibat tercampur dengan air  pada saat memasak, dan fitur ini akan menjaga kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayuran.

Fitur ini sendiri telah melalui sebuah riset yang dilakukan oleh SHARP dan Japan Food Research Laboratory,  di mana Healsio Automatic Cookware terbukti mampu menjaga nutrisi dengan memanfaatkan kelembaban yang dibawa oleh bahan makanan itu sendiri. Hasilnya, antioksidan seperti vitamin C dan asam folat terserap dengan baik jika dibandingkan dengan proses memasak pada umumnya.

Keunggulan selanjutnya adalah Timer Cooking. Fitur ini  memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri waktu penyajian sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Caranya cukup dengan menaruh seluruh bahan masakan dalam Healsio Automatic Cookware dan mengatur kapan Anda akan menyantap masakan tersebut. Masakan pun akan tersaji hangat pada saat Anda akan menyantapnya.

Pengaturan jarak waktu masakan pun dapat disesuaikan hingga 12 jam lamanya dari waktu awal. Dengan begitu, Anda sudah bisa langsung menyiapkan makan malam dari pagi sebelum Anda memulai aktivitas.

Mudah, sehat, dan lezat

Selain mudah, Healsio Automatic Cookware ini juga membuat masakan yang disajikan menjadi lebih sehat karena kandungan nutrisi, vitamin C dan asam folat dapat diproduksi lebih banyak.

Untuk bahan baku seperti bayam, Healsio Automatic Cookware dapat menyimpan 75,6 persen asam folat yang terkandung di dalamnya, sementara persentase asam folat bayam yang dimasak dengan wadah konvensional dengan cara direbus justru hanya sebesar 34,3 persen.

Hal serupa juga dialami untuk bahan baku seperti lobak putih yang kaya akan vitamin C. Healsio Automatic Cookware dapat menjaga kandungan vitamin C hingga 77,9 persen, sementara untuk pengolahan dengan wadah konvensional melalui proses kukus, vitamin C hanya sebesar 45,6 persen.

Dari segi kelezatan hidangan, kehebatan Healsio Automatic Cookware juga tak perlu diragukan lagi.  Steam circulating technology-nya dibuat dengan dripping structure yang membuatsari-sari makanan yang jatuh akan tetap menempel dan meresap kembali pada makanan tanpa terbuang sia-sia.

Untuk menggunakannya tidak perlu kemampuan khusus. Pemasak pemula pun bisa menggunakan alat ini dengan baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com