Advertorial

Bersama-sama untuk Memberikan Akses Buku di Pelosok Nusantara

Kompas.com - 25/08/2017, 11:30 WIB

Menurut hasil studi Most Literate Nation in The World, Indonesia masih menempati peringkat 60 dari 61 negara. Rendahanya peringkat ini menandakan bahwa akses buku berkualitas belum merata di seluruh Indonesia.

Inilah alasan yang medasari komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk menumbuhkan kembali minat membaca di berbagai pelosok Indonesia. Baru-baru ini BCA menggelar Aksi Berbagi Buku di Singkawang, Kalimantan Barat sebagai perwujudan gerakan #BukuUntukIndonesia sejak Maret 2017.

“Dalam rangka HUT ke-60, BCA berkomitmen Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilar: Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA Memberi Lebih Baik pada masyarakat dengan harapan bisa berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia,” ujar Direktur BCA Santoso.

Gerakan #BukuUntukIndonesia ini sendiri berhasil mengundang partisipasi masyarakat yang tinggi. Pada periode pertama, 15 Maret hingga 15 Juni 2017, terkumpul dana donasi lebih dari Rp 1 miliar. Dari dana tersebut BCA mengubahnya menjadi buku untuk didonasikan ke 113 sekolah penerima di 60 titik di Indonesia.

Selain di Singkawang, sebelumnya BCA sudah mengadakan Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung, Makassar, Garut, Manado, Kupang, dan Banda Aceh.

“Terima kasih pada masyarakat yang sudah berpartisipasi menyukseskan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia dan mempercayakan BCA sebagai perpanjangan tangan dalam berbagi kebaikan. Mari terus ciptakan akses yang luas pada anak-anak di daerah untuk memperoleh buku bacaan yang bisa membuka wawasan terhadap dunia dan menuju kehidupan yang sejahtera,” kata Santoso.

Pada aksi berbagi #BukuUntukIndonesia Singkawang, hadir pula Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Kepala Kantor Wilayah XI BCA Yandy Ramadhani dan Kepala BCA KCU Singkawang Eduard Hans Winarko untuk menyerahkan secara simbolis buku bacaan kepada enam Kepala Sekolah SD Negeri, yakni SDN 37 Sempalai, SDN 13 Kubung, SDN 52 Sijangkung, dan SDN 65 Kulor, SDN 05 Nyandung dan SDN 08 Padang di Singkawang, Kalimantan Barat, Selasa (15/08/2017).

Penyerahan donasi ini juga turut disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang Muhammad Nadjib dan Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Sosial Masyarakat Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Barat Rubiah.

Aksi berbagi buku ini juga turut dimeriahkan kehadiran Giring ‘Nidji’ Ganesha sebagai storyteller yang semangat mengajak siswa-siswa SD menjadi Sahabat Bumi dengan membiasakan diri menjaga kebersihan alam, berfikir kreatif, dan menabung sejak dini untuk masa depan.

Menjawab animo masyarakat yang tinggi, gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia akan berlanjut hingga akhir 2017. Kunjungi laman bukuuntukindonesia atau kantor cabang BCA terdekat untuk berpartisipasi dalam gerakan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com