Advertorial

Ini Panduan untuk Mengenalkan Uang Pada Anak Berdasarkan Usia

Kompas.com - 25/08/2017, 19:21 WIB

Sebagai orangtua, kamu wajib memberi banyak pengetahuan dan keterampilan pada anak-anakmu agar siap menghadapi hidup. Dari sekian banyak hal yang dibutuhkan anak kelak, salah satu yang paling penting adalah soal pengelolaan uang.

Edukasi sejak dini mampu melatih anak menunda keinginan dan membuat mereka terampil dalam membuat perencanaan. Di sini peran orangtua menjadi sangat penting, karena orangtua bisa dikatakan sebagai sekolah pertama si buah hati. karena itu,.

Mengajarkan anak untuk mengelola uang tak harus terkait besar nominal. Kamu bisa memulainya dengan mengajarkan dari asal uang tersebut dan cara menggunakannya dalam kehidupan. Berikut beberapa cara praktis mengajari anak soal uang sesuai umur:

Usia 3-5 tahun

Pada rentang usia ini, anak sudah mulai bisa mandiri dan mengerti. Kamu bisa mengajarkan anak melalui permainan yang melibatkan transaksi keuangan, misalnya pasar-pasaran atau toko-tokoan. Saat itu, kamu juga sudah bisa menjelaskan pentingnya bekerja untuk mendapat uang.

Dengan demikian setiap kali si kecil meminta sesuatu, mereka tak akan seenaknya meminta atau membeli apa yang mereka ingin.

Usia 6-9 tahun

Pada rentang usia ini, anak-anak sudah sedikit lebih mengerti akan suatu penjelasan. Mulai ajarkan menabung. Selain itu, ajarkan pula nilai-nilai uang dan besar uang untuk membeli suatu barang. Hal ini berguna agar mereka lebih menghargai uang.

Miliarder dunia dan mahaguru investasi Warren Buffet melihat ketertarikannya pada dunia bisnis dan investasi sejak usia tujuh tahun. Sejak usia tersebut, ayah mereka mulai mengenalkan konsep dan nilai uang di masa kini dan mendatang.

Dengan demikian, bakat bisnis mereka juga sudah terasah sejak dini.

Usia 10-12 tahun

Memasuki fase remaja, ajak anak menemukan tujuan jangka pendek yang harus mereka capai beserta perencanaannya. Selain itu, beri pula edukasi untuk selalu mengecek terlebih dahulu sebelum membeli suatu barang.

Kamu bisa mengajari anak membedakan mana yang mahal dan tidak. Bila perlu, beri pekerjaan tambahan pada anak agar mereka bisa merasakan sulitnya mendapat uang. Langkah ini bisa membantu mereka belajar hidup mandiri tanpa menyusahkan orang.

Usia 13-15 tahun

Di fase ini, tahap pengenalan keuangan semakin meningkat dan serius. Bawa anak untuk membedakan keuntungan dari tiap bank saat akan menabung.

Anak pada usia ini juga sudah bisa diajak diskusi mengenai finansial keluarga.

Usia 15-18 tahun

Pada usia ini kamu bisa memberi dan memercayai anak untuk mengelola uangnya secara bulanan. Hal ini bertujuan untuk melatih mereka mengatur keuangan dan keinginan mereka sendiri.

Untuk lebih serius, ajarkan anak membuat tabel perencanaan atau tabel anggaran untuk mengatur keuangan dengan baik.

Sumber:smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com