Advertorial

Pentingnya “Big Data” untuk Pertumbuhan Bisnis

Kompas.com - 28/08/2017, 14:53 WIB

Dalam dunia bisnis, big data (BD) banyak digunakan oleh para pemasar. Gunanya, untuk membantu mereka merumuskan strategi yang tepat untuk menembus pasar.

Dilansir dari Smart-money.co, Managing Partner Alpha JWC Ventures Will Ongkowidjaja mengatakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) dan analisis big data diperlukan untuk semua sektor industri. Sebab, keduanya mampu mempermudah proses bisnis dan mendongkrak penjualan.

Menurut Will, big data dapat membantu industri untuk meningkatkan efektivitas dalam mengumpulkan dan menginterpretasikan data dari sensor pintar hingga Internet of Things (IoT).

Contohnya, waktu persiapan peralatan berat di industri pertambangan bisa banyak berkurang dengan menggunakan BD. Demikian, biaya operasional akan semakin efisien.

Salah satu perusahaan rintisan di Indonesia yang melakukan analisis big data adalah Dattabot. Perusahaan ini telah melakukannya sejak tahun 2010. Pada April lalu, CEO General Electric Jeffrey Immelt datang ke Indonesia untuk menandatangani kerja sama perusahaan rintisan itu.

Dattabot akan menggunakan big data dan kecerdasan buatan untuk melakukan analisis. Langkah tersebut akan membuat operasional di sektor agrikultur bisa lebih efisien dengan IoT. Melalui gambar satelit online maupun offfline tersebut, petani bisa mendapat informasi akurat terkait potensi tanah dan pengelolaan sawah, juga mengenai hama dan penyakit tanaman.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com