Advertorial

Ciptakan API untuk Permudah Transaksi Perbankan, BCA Tuai Penghargaan

Kompas.com - 29/08/2017, 14:50 WIB

BCA melakukan langkah inovatif dengan menciptakan Applications Program Interface (API) untuk memudahkan pengguna teknologi perbankan atau perusahaan e-commerce dalam menjalankan transaksi bisnis.

Langkah inovatif tersebut mengantar BCA meraih penghargaan Digital Banking Inniative of The Year di ajang Asian Banking and Finance Retail Banking Awards 2017 yang diselenggarakan di Singapura, Kamis (13/7/2017) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Editor-in-Chief and Publisher Asian Banking and Finance Tim Charlton kepada Hermawan Thendean,  Senior Executive Vice President Strategic Information Technology PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Asian Banking and Finance Retail Banking Awards 2017 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh majalah Asian Banking and Finance. Majalah yang fokus mengulas perbankan baik komersial ataupun ritel di Asia. Secara rutin majalah ini memberikan kepada perusahaan-perusahaan perbankan Asia yang inovatif dalam menghadapi tantangan di sektor perbankan.

-- -

BCA melalui API yang diciptakannya memungkinkan para pelaku fintech atau e-commerce untuk mengintegrasikan situs maupun aplikasi mereka dengan sistem transaksi perbankan BCA. Transaksi bisnis menjadi lebih cepat dan mudah.

BCA menyadari bahwa pembayaran dan transaksi merupakan problem yang harus dipecahkan bagi para pebisnis di era digital seperti saat ini. Tidak jarang, bisnis tersendat hanya karena pembayaran dan lalu lintas transaksi yang kurang lancar. API BCA hadir untuk menjadi solusi dari masalah tersebut.

Sejalan dengan hal di atas, maka BCA meluncurkan “Website Developer API BCA”. Gagasan pembuatannya didasari keinginan untuk menyediakan sebuah wadah khusus bagi para pelaku fintech ataupun e-commerce yang ingin menggali informasi lebih dalam tentang API BCA dan mengaksesnya.

Situs ini menyediakan beragam informasi umum dan teknis seputar API BCA. Termasuk informasi berupa layanan API BCA yang siap untuk digunakan seperti transfer, mutasi rekening, lokasi ATM, pembayaran Sakuku, dan API lainnya yang pastinya menjawab kebutuhan dunia fintech saat ini.

Situs ini juga menyediakan informasi dokumentasi teknis seperti cara melakukan integrasi dengan API BCA serta cara menggunakan sandbox. Menariknya, terdapat juga forum yang menjadi sarana komunikasi dua arah antara BCA dengan para IT Developer untuk melakukan tanya jawab serta saling bertukar informasi.  

Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai API BCA klik di sini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com