Advertorial

Rute “Touring” di Indonesia yang Tak Kalah Cantik Dibanding Eropa

Kompas.com - 29/08/2017, 18:15 WIB

Para bikers yang hobi touring pasti sudah mengantongi daftar destinasi yang ingin dituju. Dari sekian banyak rute cantik yang ada, beberapa rute touring  di Eropa umumnya ada dalam angan-angan Anda.

Harus diakui, keindahan alam Eropa memang mengagumkan. Medannya pun beragam, mulai dari jalan berbatu untuk Anda yang suka tantangan lebih, ataupun aspal mulus yang cocok untuk bikers pemula.

Tengok saja perjalanan wisatawan menyusuri pegunungan Harz di Jerman. Saat melewati wilayah ini, bikers akan menikmati pemandangan desa dan rumah-rumah penduduk dengan suasana yang asri dan sejuk.

Dilansir dari Deutsche Welle, rute gunung ini cocok untuk pemotor pemula. Layaknya jalanan di pengunungan, sebenarnya rute ini memiliki jalan berliku dan menanjak. Namun, perjalanan ini tidak terasa melelahkan sebab tanjakannya tergolong agak landai. Jalan aspalnya pun mulus, sehingga perjalanan bakal terasa nyaman.

Begitu pula dengan jalur pegunungan di Skotlandia. Saat menyusuri rute ini, Anda bakal menikmati pemandangan danau, istana tua, suasana sunyi dan damai, serta udara segar. Namun, jalur ini terasa sedikit menantang ketika ada angin kencang, hujan, dan kabut.

Namun, jika dalam waktu dekat ini touring di Eropa rasanya belum memungkinkan, sebenarnya Anda bisa mendapat pengalaman yang serupa di negeri sendiri. Alam Indonesia pun tak kalah cantiknya dibanding negara-negara di Eropa. Indonesia juga punya berbagai rute touring eksotis yang disukai para bikers.

Cobalah berangkat ke kawasan Kawah Putih, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini memang kerap dituju para bikers, sebab selain menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan indah, medan perjalanannya juga cukup nyaman dilalui.

Jalanan di kawasan ini bisa dibilang mulus, sebab tak banyak kendaraan berat melintas. Sepanjang perjalanan Anda bisa menyaksikan panorama kebun teh yang membuat mata terasa segar. Udara yang sejuk juga akan membuat Anda lupa terhadap rasa lelah.

Satu lagi trek yang patut dicoba, terletak di kawasan Wonosobo, Jawa Tengah. Pilih rute yang memungkinkan Anda menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Pada rute ini, Anda akan berkendara di dataran tinggi, sehingga dapat melihat panorama rumah-rumah di pedesaan yang letaknya lebih rendah. Soal medannya, jangan khawatir, jalanan di antara kedua gunung ini cukup mulus meski berkelok-kelok.

Supaya perjalanan terasa sempurna, jangan lupa perhatikan kenyamanan motor yang Anda pergunakan. Bicara soal motor yang nyaman, skuter matik berbodi bongsor kini semakin banyak diminati. Bukan hanya untuk aktivitas sehari-hari, tetapi juga traveling.

Skuter matik bongsor cukup populer di Eropa sebagai moda transportasi harian maupun jalan-jalan ke destinasi wisata favorit. Begitu pun di Indonesia.

Pasalnya, skutik tersebut punya desain bodi yang lebar namun tetap dinamis meski harus melewati ruang jalanan yang tak luas. Bila didukung dengan mesin dan teknologi yang apik, performa skutik bongsor pun tidak diragukan, tetap tangguh di segala medan jalanan.

-- -

Yamaha XMAX misalnya. Skutik bongsor ini diminati untuk touring, baik di Eropa maupun Indonesia. Soal kenyamanan didapatkan dari fitur Adjustable Windshield serta Handlebars Position yang bisa disesuaikan dengan pengendara. Anda bisa mengatur posisi berkendara yang tegak sehingga meningkatkan kontrol serta pandangan berkendara yang baik bagi pengendara.

Selain itu, XMAX juga punya fitur yang sangat cocok untuk perjalanan jauh, yaitu bagasi ekstra luas. Bagasi ini cukup untuk menyimpan hingga dua helm full face ukuran XL. Pengendara yang akan berkendara jauh bisa menyimpan bawaannya untuk beberapa hari perjalanan di dalam bagasi sehingga tetap nyaman.

Mesin Blue Core 250 cc membuat motor ini punya performa paling besar di kelasnya. XMAX juga dilengkapi Liquid Cooled-4 Valve. Daya tahan dan ketangguhannya juga bakal dibuktikan oleh mesin berteknologi DiASil Cylinder & Forged Piston yang tersemat di dalamnya.

-- -

Siap jelajah Indonesia maupun Eropa dengan skutik premium Yamaha XMAX? Kenali spesifikasi lengkapnya dengan mengeklik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com