Advertorial

Langkah Mudah untuk Kenali Kartrid Tinta Printer Palsu

Kompas.com - 29/08/2017, 18:23 WIB

Peredaran kartrid tinta dan toner printer palsu marak terjadi akhir-akhir ini. Mengutip dari artikel Kompas.com, yang dipublikasikan Selasa (21/7/2017), studi terakhir yang dilakukan Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) dan Universitas Indonesia menyatakan bahwa peredaran kartrid tinta dan toner printer palsu menduduki posisi teratas peredaran barang palsu di Indonesia.

Fakta tersebut mengkhawatirkan karena peredaran kartrid  dan tinta toner palsu menimbulkan kerugian yang cukup besar. Terutama bagi konsumen yang sehari-hari mengandalkan printer sebagai perangkat kerja.

Kerugian paling fatal yang dapat dialami konsumen akibat penggunaan kartrid palsu adalah rusaknya printer. Kartrid tinta atau toner palsu dapat menyumbat nozzle tinta printer.

Printer dapat mengalami kebocoran tinta. Bisa juga menjadi cepat overheat. Kerusakan akibat penggunaan kartrid tinta atau toner palsu tersebut tidak dapat diperbaiki dengan garansi.

Sialnya, membedakan kartrid palsu dengan yang asli tidaklah mudah bagi kebanyakan konsumen. Ini karena penampilan kartrid palsu seringkali sangat mirip dengan tampilan produk aslinya.

Tidak hanya itu, banyak juga produk palsu yang menggunakan stiker hologram yang sering dijadikan penanda bahwa produk asli oleh produsen.  Konsumen pun menjadi percaya. Padahal stiker hologram tersebut abal-abal. Jadi, bagaimana cara membedakan kartrid palsu dengan yang asli agar tidak tertipu?

Demi melindungi konsumennya di seluruh dunia dari kerugian akibat kartrid palsu, HP memberikan panduan mudah untuk membedakan kartrid aslinya dengan produk-produk kartrid HP palsu.

Sebagian besar kartrid palsu yang beredar dengan merek HP adalah kartrid isi ulang yang dikemas dalam kemasan HP yang tidak resmi. Untuk mengecek apakah kartrid HP yang digunakan asli atau produk palsu yang beredar menggunakan merek HP ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Pertama, unduh aplikasi HP SureSupply yang tersedia di Google Playstore dan App Store ke smartphone Anda. Pindai kode QR pada segel pengaman kartrid dengan smartphone. Jika kode QR sudah berhasil diproses oleh pemindai pada aplikasi, akan muncul layar validasi dari HP yang memberi informasi keaslian produk.

Kedua, dengan mengamati warna dan bentuk label antimanipulasi dan pengaman pada kartrid. Pada kartrid HP palsu garis-garis pola label tidak selaras, label terlihat berwarna bukan transparan, dan teks pada label berubah.

Ketiga, cek label pengaman. Ketika dimiringkan dari depan, tulisan OK dan tanda “√” pada label harus bergerak ke arah berlawanan. Sementara jika dimiringkan dari kiri ke kanan tulisan OK dan tanda “√” harus bergerak ke arah yang sama.

Terakhir, konsumen dapat mengecek keaslian kartrid HP secara online. Kunjungi hp.com/go/ok, lalu masukkan nomor seri dari label pengaman untuk validasi keaslian kartrid. Klik di sini untuk keterangan lebih lanjut mengenai kartrid HP. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com