kabar mpr

Juri Lomba Debat Konstitusi MPR 2017 Puji Performa Mahasiswa Unpar

Kompas.com - 30/08/2017, 11:29 WIB

Lomba Debat Konstitusi MPR 2017 dalam rangka Pekan Konstitusi telah usai dilaksanakan. Tim Nusantara 3 dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung keluar sebagai juara pertama setelah mengungguli rival satu kotanya, yaitu tim MPR 4 dari Universitas Padjajaran. 

Babak grand final tersebut diselenggarakan di plasa Nusantara IV Gedung DPR MPR Senayan pada Selasa (29/8/2017) sore. 

Kegembiraan pun tak dapat dibendung tim pemenang ketika nama mereka disebutkan oleh pembawa acara. Para anggota tim tampak terharu dan menahan tangis bahagia. Sebab, mereka berhasil menjadi juara walaupun sempat mengalami kendala pada tahapan sebelumnya. 

"Sebenarnya kami hampir gagal berangkat karena kami adalah runner up dari regional. Tapi kami diberi kesempatan untuk masuk ke tahap nasional setelah ada pertimbangan dari MPR," ujar Kireina, pembicara dari tim pemenang sambil menghapus air mata bahagianya. 

Ia dan tim-nya mendapat waktu sekitar satu minggu untuk mempersiapkan diri. Waktu itu pun diisi dengan berbagai latihan, mulai dari menggali berbagai mosi, membaca buku-buku, dan latihan debat setiap harinya. 

Performa para grand finalis pun menuai pujian dari dewan juri. "Luar biasa, menakjubkan, mereka menguasai ideologi dan konstitusi sebegitu komprehensifnya dan mereka berani beradu argumentasi pada sisi yang pro kontra," tutur Tb Hasanudin, Wakil Ketua Lemkaji MPR yang bertugas sebagai salah satu juri. 

Ia pun menyatakan bahwa Lomba Debat Konstitusi ini merupakan bagian dari sosialisasi untuk memahami ideologi bangsa. Ia pun berharap masyarakat, khususnya perguruan tinggi untuk melek ideologi. Sehingga pemasyarakatan ideologi tidak perlu dilakukan dengan doktrinasi, namun secara sukarela oleh masyarakat sendiri. 

"Sudah saatnya bangsa ini kembali kepada ideologi. Dia sebagai living ideology, working ideology, dan konstitusi yang hidup," ujarnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com