Advertorial

Wanita Ini Berani Geluti Profesi Pria Sebagai Kapten Yacht

Kompas.com - 30/08/2017, 16:54 WIB

Dari berbagai pilihan profesi di dunia, ada beberapa yang sering dikaitkan dengan jenis kelamin. Salah satunya adalah kapten kapal. Banyak yang memandang profesi ini adalah profesi pria, jarang ada wanita menggeluti profesi ini.

Namun, Sandy Yawn muncul dan mendobrak segala anggapan tersebut. Ia berani menggeluti profesi sebagai kapten kapal yacht. Ia bahkan sudah menjalani profesi tersebut selama lebih dari tiga dekade.

Ia juga menjadi bukti bahwa wanita pun mampu menghadapi krisis, termasuk pembajakan yang kerap terjadi di laut lepas. Karenanya, Sandy ingin berbagi rahasia yang membuatnya mampu menjalani karier tersebut.

Ada tiga hal menjadi prioritasnya, yakni memastikan keamanan perjalanan, memberi pelayanan terbaik dan menjadi pemimpin kuat bagi seluruh tim. Sandy juga tak takut pada tantangan yang menghampirinya.

Ini rahasia suksesnya:

Mendengar mengawali proses belajar

"Saya belajar bahwa meluangkan waktu untuk berbicara dengan orang lain dan menanyakan keadaannya mampu memberikan perubahan. Percakapan sederhana ini bisa memberikan banyak perubahan. Karenanya, saya akan meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka dan berbagi kisah mengenai pengalaman saya," kata Yawn seperti dilansir Entrepreneur.

Jadikan kesalahan sebagai guru

"Dulu, saya sigap merespons bila ada orang lain membuat kesalahan. Seiring bertambahnya usia, saya mencoba berpikir dan menempatkan diri pada posisi orang itu. Saya tak sereaktif dulu. Mereka manusia dan bisa berbuat salah," katanya.

Ketika ada anak buah melakukan kesalahan, Sandy bilang, ia tak lagi datang dan menceramahinya. Ia datang dan memastikan bahwa anak buahnya memetik pelajaran dari kesalahan yang ia lakukan.

Selalu kendalikan diri

"Ketika ditanya, apakah saya pernah stres bekerja? Jawabannya ya. Tapi saya tak pernah menunjukkannya karena ini merupakan bagian dari latihan," kata Sandy.

Bagi Sandy, penting memberikan contoh yang baik karena anak buahnya selalu melihatnya.

"Mereka selalu penasaran melihat apa tindakan yang akan saya ambil selanjutnya. Mereka akan bersikap berdasarkan hal tersebut. Karenanya, pastikan untuk beristirahat agar untuk menjaga tingkat emosimu," pungkasnya.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com