Advertorial

Apa Nilai Lebih yang Didapat Anak dari Sekolah Bertaraf Internasional?

Kompas.com - 31/08/2017, 18:24 WIB

Selain keluarga, sekolah juga menjadi tempat untuk membentuk anak menjadi generasi penerus bangsa yang berkompeten, berdaya saing, dan berkarakter luhur. Oleh karena itu memilih sekolah juga merupakan keputusan penting yang harus dipertimbangkan secara matang oleh orang tua.

Para orang tua saat ini umumnya sudah mengenal bahwa ada beberapa jenis sekolah yang dibedakan berdasarkan kurikulum yang digunakan. Selain sekolah berstandar nasional yang umum ditemui, ada juga sekolah berstandar internasional.

Salah satu contohnya adalah ACS.  Sekolah di Jakarta Timur yang awalnya didirikan dengan nama Sekolah Tiara Bangsa ini menggunakan kurikulum yang juga berstandar internasional.

Mengirim anak-anak untuk menempuh pendidikan di sekolah bertaraf internasional seperti ACS juga menjadi pilihan yang populer di kalangan orang tua. Nah, jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah nasional sebenarnya apa nilai lebih yang dapat diperoleh anak-anak dari sekolah bertaraf internasional?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, sekolah internasional menggunakan kurikulum dengan standar internasional. Kurikulum ini memiliki nilai lebih seperti mendorong anak untuk menjadi kreatif dan aktif berkontribusi terhadap pendidikannya sendiri.

- -

Kurikulum ini juga mendorong penguasaan bahasa asing dan pemahaman budaya internasional. Di era yang serba terbuka dengan hadirnya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)  tentunya hal ini memberi keuntungan bagi anak. Ia akan terbiasa bergaul dan bersaing di lingkup yang lebih internasional.

Selain itu, kompetensi di taraf internasional juga akan diperoleh anak karena biasanya anak akan diikutkan dalam ujian dengan standar internasional. Memastikan kompetensi anak sesuai dengan standar global.

Contohnya ACS, sekolah ini memiliki tiga tahapan ujian internasional yaitu Cambridge Primary Checkpoint Tests, Cambridge International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) Examinations, dan International Baccalaureate Diploma Programme (IBDP) Examinations.

- -

Tahun ini prestasi siswa-siswi ACS dalam ketiga kategori ujian tersebut juga membanggakan. Lebih dari separuh siswa-siswi kelas enamnya berhasil meraih peringkat tertinggi dalam ujian Cambridge Primary Checkpoint Test. Sebanyak 89,7 persen meraih peringkat tertinggi pada mata pelajaran Bahasa Inggris, 96,1 persen pada mata pelajaran Matematika, dan 100 persen di mata pelajaran Sains. Semua 78 siswa mengikuti ujian Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Sebanyak 21 siswa mendapatkan setidaknya memperoleh 8 distinction dengan nilai A dan A plus dalam IGCSE Examinations untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

Sebanyak 70 persennya memperoleh 6 distinction atau lebih.Dari 20 mata pelajaran yang diujikan, sebanyak 55 persen lebih siswa-siswi ACS Jakarta berhasil meraih high distinction di 16 mata pelajaran. Tiga siswa yaitu Nadira Pranatio, Sydney Roque Sutadinata, dan Avrum Noor berhasil meraih nilai A* di delapan mata pelajaran yang diujikan.

Sementara di jenjang pendidikan SMA, semua siswa berhasil lulus IBDP Examinations dengan rata-rata nilai 36,41, di atas nilai standar dunia yaitu 29,95.

- -

Nilai tertinggi yang diraih siswa adalah 44 dari nilai sempurna yaitu 45, dimana hal ini sangat sulit untuk diraih. Ujian IBDP diikuti oleh 300.000 siswa di seluruh dunia dan hanya 300 siswa yang mendapatkan nilai 45. Sebanyak 27 persen siswa meraih nilai 40 ke atas, dan 65 persennya meraih nilai 35 ke atas. Selain itu, 80 persen siswa telah diterima di perguruan tinggi terbaik di beberapa negara.

Beberapa di antaranya adalah Imperial College London, University College London, University of Pennsylvania, University of California L.A, , New York University, Georgia Institute of Technology University of British Columbia, Korea Advanced Institute of Science and Technology, Tohoku University Japan, HK University of Science and Technology, University of Wageningen Netherlands, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ACS hubungi ACS Jakarta di (021) 84597175 atau (021) 84597176. Anda juga bisa bertanya melalui email admission.primary@acsjakarta.sch.id dan admission.secondary@acsjakarta.sch.id.

Pada 16 September 2017 mendatang ACS Jakarta Campus juga menggelar Open Day mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com