Advertorial

Ternyata Ada Cara yang Lebih Mudah untuk Bayar JKN-KIS

Kompas.com - 04/09/2017, 09:15 WIB

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai fasilitas pemerintah memberikan manfaat yang begitu besar bagi masyarakat. Sejak BPJS mulai beroperasi pada 1 Januari 2014, hingga kini pesertanya sendiri tercatat mencapai lebih dari 179 juta jiwa.

Untuk memudahkan para peserta dalam melunasi pembayaran, BCA pun turut berkontribusi dengan menyediakan berbagai kanal pembayaran.“Kami berharap makin banyak nasabah yang menjadi bagian dari BPJS Kesehatan dan mendapat manfaatnya,” tutur Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

Pembayaran iuran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui kanal BCA dapat dilakukan dengan mudah. Peserta dapat memilih melakukan pembayarannya melalui ATM BCA, Klik BCA Individu, ataupun KlikBCA Bisnis.

Untuk pembayaran dengan ATM BCA, Anda hanya perlu melakukan transaksi seperti biasa dengan dengan datang ke ATM dan memilih BPJS pada menu Pembayaran di ATM BCA. Setelahnya, pilih menu Kesehatan dan masukkan nomor bayar BPJS Kesehatan Anda. Jangan lupa menyimpan struk ATM sebagai bukti transaksi pembayaran Anda.

Anda pun dapat membayar iuran JKN-KIS melalui KlikBCA Individu. Caranya dengan memilih menu Pembayaran pada halaman Klik BCA Individu Anda, lalu pilih BPJS dan masukkan nomor bayar Anda.

Setelah memilih rekening sumber dana, lanjutkan transaksi dan konfirmasi data dan pembayaran Anda. Seperti transaksi lainnya, Anda akan diminta untuk memasukkan respon KeyBCA Appli 1, lalu kirim.

Bagi peserta dalam skala perusahaan, Anda bisa menggunakan KlikBCA Bisnis untuk membayarkan iuran JKN-KIS melalui KlikBCA Bisnis. Sebelum membayarkannya, daftarkan dulu nomor bayar perusahaan anda ketika pembayaran pertama. Caranya dengan menambahkan Daftar Pembayaran dalam menu Pembayaran Tagihan di halaman Klik BCA Bisnis Anda.

Pilih jenis BPJS, lalu lanjutkan dengan memasukkan nomor bayar perusahaan Anda. Setelah mengisi kolom keterangan, Anda dapat mengkonfirmasi daftar pembayaran dengan meng-klik tombol Kirim.

Setelah perusahaan Anda telah terdaftar, pilih menu Pembayaran Tagihan pada halaman KlikBCA Bisnis Anda. Pilih Buat Pembayaran Tagihan, lalu pilih pembayaran Tagihan. Lantas Anda dapat memilih pembayaran sesuai keterangan yang telah diisi sebelumnya, rekening sumber dana, dan jenis pembayaran.

Selanjutnya konfirmasi data pembayaran Anda dengan menekan tombol Kirim. Transaksi Anda selesai jika sudah ada otorisasi transaksi dari approver (jika ada) dan releaser. Namun apapun kanal pembayaran yang Anda pilih, jangan lupa simpan bukti transaksi Anda.

BCA dengan bangga mempersembahkan kanal-kanal tersebut agar para peserta dapat membayar iuran JKN-KIS dengan mudah dan fleksibel. Dengan demikian, para peserta pun dapat menikmati manfaatnya dengan baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com