Advertorial

BCA Persembahkan “Buku Untuk Indonesia” Bagi Generasi Penerus Bangsa

Kompas.com - 04/09/2017, 14:00 WIB

Anak-anak Indonesia sebagai generasi  masa depan tak bisa lepas dari pendidikan dan pengetahuan. Untuk mempersiapkan mereka meraih cita-citanya, dibutuhkan pendidikan yang mumpuni, salah satunya adalah melalui buku bacaan yang berkualitas.

Namun ironisnya, sebuah penelitian yang dilakukan Central Connecticut State University pada 2016 lalu menunjukkan Indonesia berada di urutan kedua terbawah dari 61 negara jika menyoal minat baca.

BCA sebagai salah satu elemen kehidupan masyarakat Indonesia melihat kondisi ini diakibatkan bukan karena kemalasan semata, namun lebih karena minimnya akses anak Indonesia terhadap buku bacaan.

Karenanya, BCA pun menggalang gerakan #BukuUntukIndonesia. Gerakan ini bertujuan membuka akses seluas-luasnya bagi daerah terpencil dan terluar Indonesia untuk menikmati buku bacaan yang berkualitas.

“Kami melihat bahwa banyak sekolah dasar di Indonesia tidak memiliki akses mengenai buku yang berada di luar buku wajib pelajaran, seperti ensiklopedia. Padahal, buku-buku jenis itu diperlukan untuk bisa digunakan sebagai referensi bagi para siswa untuk menggapai cita-citanya,” ujar Santoso selaku Direktur BCA saat menjadi pembicara di sebuah acara televisi, Kamis (24/8/17) lalu.

Hingga kini, dana hasil gerakan #BukuUntukIndonesia nyaris menyentuh angka Rp 1,6 miliar dan lebih dari 20.000 buku telah disebar ke berbagai daerah di Indonesia dan akan terus didistribusikan hingga akhir 2017. Dengan gerakan ini, diharapkan semakin banyak anak Indonesia yang mampu menggapai cita-citanya.

Andi F Noya sebagai Duta Baca Indonesia periode 2011-2015 pun mengamini gerakan ini. Ia mengatakan ini adalah langkah awal untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air.

“Gerakan Buku untuk Indonesia ini adalah langkah yang cukup progresif yang harus terus kita dukung sebagai upaya untuk memberantas kebodohan dan pada akhirnya menghapus kemiskinan dalam masyarakat,” ujarnya.

Selain Andi Noya, Giring Ganesha (vokalis band Nidji) pun sependapat. Sebagai Duta Buku Untuk Indonesia, ia mengakui bahwa buku berperan penting dalam kehidupannya. Mewakili seluruh anak Indonesia yang telah menerima donasi buku, ia mengucapkan terima kasih kepada BCA. Ia pun berharap membaca buku menjadi kebiasaan baik anak Indonesia.

Anda pun dapat turut berkontribusi dalam gerkan #BukuUntukIndonesia ini. Dengan berbagi sebesar mulai dari Rp 100.000 Anda bisa menjadi bagian dari gerakan ini. Caranya pun mudah, Anda cukup kunjungi halaman www.bukuuntukindonesia.com dan klik tombol “Berbagi”. Anda akan dialihkan ke laman Blibli.com untuk memilih paket yang Anda inginkan untuk ambil bagian dalam mencerdaskan anak Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com