kabar mpr

Yandri Susanto: Perlu Optimisme dalam Mengimplementasikan Pancasila

Kompas.com - 05/09/2017, 15:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyampaikan pentingnya implementasi Pancasila dalam berkehidupan bagi masyarakat Indonesia. Hal itu disampaikannya dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di Serang, Banten, Selasa (5/9/2017).

Menurut Yandri, tidak hanya menghafal, Pancasila harus betul-betul dipahami oleh setiap warga negara Indonesia.

"Yang katanya Pancasila sebagai pandangan hidup kita, apakah sudah benar-benar kita implementasikan?" tanya Yandri kepada peserta acara, yakni jajaran perangkat daerah Banten dan masyarakat yang hadir.

Ia pun kembali menegaskan butir-butir sila dalam Pancasila dan bentuk implementasinya. Misalnya, sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang bisa diimplementasikan dengan menjalankan ajaran agama masing-masing dengan patuh. Ia mengingatkan agar nilai-nilai ketuhanan dikembalikan kepada agama masing-masing karena perbedaan adalah rahmat.

Selain faktor religiusitas, pekerjaan rumah besar lain yang harus diselesaikan oleh bangsa ini adalah soal keadilan sosial. Menurutnya, masih terdapat ketimpangan sosial di masyarakat. Ia menyebutkan masih banyak kekayaan Indonesia yang dikuasai oleh segelintir orang saja.

Kendati demikian, ia optimis pengimplementasian Pancasila dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Bisa. Buktinya sudah 72 tahun Indonesia merdeka. Itu membuktikan bahwa Pancasila masih bersemi di negara kesatuan Republik Indonesia," kata Yandri.

Ia pun berharap Sosialisasi Empat Pilar MPR ini bukan hanya dilakukan oleh perangkat MPR, namun juga oleh seluruh individu dalam setiap lapisan masyarakat.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com