kabar mpr

Peran Ormas dalam Penyempurnaan Sosialisasi Empat Pilar MPR

Kompas.com - 05/09/2017, 15:49 WIB

BANTEN, KOMPAS.com - Anggota DPR Yandri Susanto mengatakan keberadaan organisasi masyarakat atau ormas dalam tatanan masyarakat dapat menyempurnakan proses Sosialisasi Empat pilar MPR. Hal tersebut ia sampaikan dalam prosesi pelantikan pengurus WN 88 Unit 5 Provinsi Banten. Acara tersebut bersamaan pula dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Serang, Banten, Selasa (5/9/2017).

Yandri menyatakan, selain pejabat negara diperlukan juga partisipasi dari seluruh masyarakat, termasuk organisasi masyarakat, untuk menjadi agen Sosialisasi Empat Pilar MPR ini. Ia meyakini sifat ormas yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat dapat mempercepat prosesnya.

"Jika ormas peduli dan ikut berpartisipasi aktif dalam masyarakat, saya yakin akan lebih cepat lajunya," kata Yandri ketika ditemui wartawan.

Dukungan terhadap penegakan Pancasila dan Sosialisasi Empat Pilar MPR ini pun didukung penuh oleh WN88. Ketuanya menyampaikan, mereka mendukung penuh Pancasila dan pemanfaatannya untuk melawan radikalisme.

"Radikalisme tidak bisa diabaikan, Pancasila sangat dibutuhkan untuk menumpas radikalisme," tutur Tb Efi rafiudin, Ketua Pengurus WN 88.

Yandri pun kembali mengingatkan, Pancasila bukan hanya untuk dihafal, namun juga harus diimplementasikan pesan moralnya. Di tengah tergerusnya nilai Pancasila di masyarakat, ia berharap ormas mampu menjembatani kembali nilai-nilai luhur Pancasila itu sendiri.

Tak lupa Yandri pun mengajak masyarakat, terutama generasi muda untuk kembali menjaga nilai Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Menurutnya permasalahan bangsa dapat diatasi dengan mengimplementasikan kembali nilai-nilai luhur dalam empat pilar MPR ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com