Advertorial

Sebanyak 1.904 Pelajar Berlaga di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2017

Kompas.com - 06/09/2017, 08:00 WIB

Tahun ini, kota Medan, Sumatera Utara menjadi tuan rumah dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2017. Pembukaan resminya sudah dilaksanakan di Gedung Serba Guna Sumatera Utara, Senin (4/9/2017) lalu.

Ajang yang diikuti oleh 1.904 peserta resmi ini dibuka dengan pemukulan Gordang Sambilan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ia percaya, para peserta yang berasal dari sekolah-sekolah di 34 provinsi ini berpotensi menjadi atlet nasional terbaik. Maka dari itu, Muhadjir berharap peserta dapat memberi prestasi terbaiknya di ajang O2SN.

“Saya berharap kehadiran Anda semua di kota Medan ini bertekad bulat dengan penuh semangat akan memunculkan keunggulan, akan menyajikan prestasi yang terbaik pada diri masing-masing,” kata Muhadjir dalam sambutannya di upacara pembukaan O2SN.

Menurut ia, sumber daya olahraga Indonesia berasal dari siswa-siswa sekolah. Oleh karena itu, pihak pemerintah, khususnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berniat meningkatkan kerja sama dengan KONI, agar talenta-talenta baru terus ditemukan dan mampu memajukan olahraga nasional.

Ajang O2SN sendiri menjadi upaya pemerintah melalui Kemendikbud untuk membentuk generasi emas Indonesia pada tahun 2045. Muhadjir optimistis, nantinya akan semakin banyak bibit-bibit atlet yang tangguh dan mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

“Seperti kita ketahui bahwa SDM atlet kita dan olahraga banyak dari sekolah. Apalagi dengan program pendidikan karakter yang akan kita terapkan secara bertahap bahwa rapor perkembangan kepribadian salah satunya ada bidang olahraga. Saya berharap dengan adanya talent scouting maka akan terpantau bibit atlet dari sekolah yang taguh baik ditingkat amatir maupun tingkat professional nantinya,” ujar Muhadjir.

- -

Pada pembukaan tersebut, hadir pula Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad, Kadis Pendidikan Sumatera Utara, Ketua KONI Pusat Valentinus Suhartono Suratman, Perwakilan KONI Sumatera Utara, Kadis Pemuda dan Olahraga, Pangdam I Bukit Barisan, dan Kapolda Sumatera Utara.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung berharap para kontingen dari 34 provinsi bisa bertanding dengan nyaman, seperti di rumah sendiri.

“Pemerintah daerah Sumatera Utara dan masyarakat Sumatera Utara mengucapkan selamat datang di kota Medan kepada seluruh kontingen dari seluruh penjuru tanah air. Semoga selama lebih kurang  satu minggu di kota Medan akan merasa nyaman, tenang, dan merasa seperti di rumah sendiri,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com