Advertorial

Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Keluar Negeri

Kompas.com - 07/09/2017, 11:05 WIB

Bepergian keluar negeri tidak sama dengan bepergian ke luar kota. Apakah itu untuk berlibur, urusan pekerjaan, ataupun ibadah. Hal-hal yang membuat tidak sama bukan hanya dari bahasa, budaya, dan cuaca saja. Namun hal-hal lain seperti izin, mata uang, sampai provider alat komunikasi pun berbeda.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan Anda lancar.

Susun rencana perjalanan yang jelas

Berbeda ketika Anda datang sebagai masyarakat lokal, ketika Anda datang warga negara asing Anda akan disambut oleh bagian imigrasi negara bersangkutan. Selain memverifikasi dokumen-dokumen seperti paspor dan visa, Anda juga akan ditanyai tujuan, berapa lama, dan di mana Anda akan tinggal.

Ini merupakan hal wajar, karena setiap negara punya kepentingan untuk melindungi negaranya. Karena itu, Anda sebaiknya memiliki rencana perjalanan yang jelas agar tidak tertahan di bandara.

Perhatikan barang bawaan yang dibawa

Sama seperti rencana perjalanan, setiap negara tujuan punya kepentingan untuk memeriksa barang bawaan Anda. Untuk itu, apabila ada keraguan tentang barang barang yang dibawa seperti makanan dan obat-obatan pribadi, sebaiknya disebutkan saja dan biarkan petugas memeriksa.

Kalau memang ada yang tidak diperbolehkan barang Anda memang akan disita, tetapi Anda tidak di denda atau dideportasi.

Belajar bahasa lokal

Untuk negara yang ramah dengan turis, biasanya Anda tidak akan susah untuk berkomunikasi. Setidak-tidaknya dengan bahasa Inggris Anda dapat berkomunikasi dengan warga lokal di sana.

Namun tidak ada salahnya Anda mengetahui sedikit tentang bahasa lokal di sana seperti untuk menanyakan arah jalan dan mengucapkan terima kasih.

Selalu bawa paspor dan dokumen perjalanan

Seperti halnya kita harus membawa kartu identitas seperti KTP ataupun SIM ke manapun kita pergi, di luar negeri kita juga harus membawa dokumen-dokumen tersebut ke mana-mana. Walaupun hanya keluar tidak jauh dari hotel, bisa saja terjadi sesuatu hal tidak terduga seperti keributan yang menyebabkan kita berurusan sama pihak berwajib.

Kalau di negara asal kita bisa menghubungi orang rumah untuk membawakan identitas. Di luar negeri tentu akan lebih susah.

Sedia uang tunai yang diterima di sana

Meskipun Anda pergi ke negara yang masyarakatnya sudah terbiasa dengan metode pembayaran non tunai, Anda tetap membutuhkan uang tunai untuk berbagai hal. Mulai dari ongkos angkutan umum, parkir, sampai jajanan di sepanjang jalan.

Apalagi, tidak semua kartu Anda bisa diterima di sana. Tempat penukaran uang pun juga bukan sesuatu hal yang selalu ada di setiap tempat. Karena itu sebaiknya Anda sudah menyiapkan uang tunai lebih dahulu dalam jumlah yang cukup.

Untuk menyimpannya, sebaiknya Anda menggunakan tas khusus yang memang didesain untuk traveling. Tas tersebut biasanya di desain untuk selalu melekat di badan, mudah di jangkau oleh Anda, tetapi susah dijangkau oleh orang lain sehingga lebih aman dari tangan copet.

Pulsa dan paket roaming

Penggunaan smartphone pastinya memudahkan Anda untuk berkomunikasi dan mengakses informasi dengan mudah. Anda mungkin tidak lagi butuh bawa-bawa buku panduan, peta, dan berbagai hal lainnya. Berkomunikasi pun jauh lebih mudah. Namun itu semua membutuhkan pulsa.

Di dalam negeri, Anda tentunya bisa melakukannya dengan mudah. Cukup dimulai dari Tokopedia, Anda bisa melakukan pembelian paket kuota internet dengan mudah dari ponsel Anda. Namun karena ketika di luar negeri Anda akan terkena tarif roaming, sebaiknya Anda beli paket roaming internasional agar biaya pulsa Anda tidak membengkak.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com