Advertorial

Empat Makanan Spesial Bagi Penghobi Olahraga Lari

Kompas.com - 07/09/2017, 19:00 WIB

Anda hobi lari? Ada baiknya untuk memerhatikan asupan makanan. Karena, kebutuhan nutrisi pada setiap orang berbeda-beda, bergantung pada pekerjaan dan kegiatan yang dilakukannya sehari-hari, termasuk hobi yang dijalaninya.

Jika Anda memiliki hobi berlari, maka jangan lupa memasukkan daftar makanan ini ke dalam daftar belanjaan yang wajib untuk dibeli. Dengan demikian, tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Melansir laman Runnersworld.com, setidaknya terdapat empat makanan yang dapat membantu Sahabat Prioritas dapat mencapai performa maksimal dalam berlari. Kelima makanan tersebut adalah almond, telur, jeruk, dan ayam.

Setiap satu minggu, Anda setidaknya harus memakan makanan tersebut tiga sampai lima kali. Alasannya, karena kacang-kacangan, terutama almond merupakan sumber vitamin E yang baik.

Vitamin E sendiri merupakan sumber antioksidan yang baik. Sebagai seorang pelari, antioksidan berguna sebagai sebagai penangkal radikal bebas yang banyak diproduksi akibat pembakaran oksigen berlebih saat berlari.

Sementara, telur memiliki kandungan protein yang paling lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama asam amino untuk mempercepat pemulihan otot. Selama berlari, otot Anda akan bekerja keras dan tak jarang mengalami cedera.

Tak hanya itu, satu butir telur juga mampu mencukupi 30 persen kebutuhan vitamin K yang vital bagi kesehatan tulang. Oleh karena itu, telur pun menjadi penting untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kondisi otot dan tulang prima ketika berlari.

Jika ingin mengurangi rasa sakit yang dialami oleh otot setelah berlari, terutama downhill running, mengonsumsi jeruk juga merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan jeruk kaya akan kandungan vitamin C.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Carolina Greensboro menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C, dua minggu sebelum melakukan latihan yang memberatkan otot dapat mengurangi sakit pada otot.

- -

Sedangkan, mengonsumsi ayam juga dibutuhkan untuk memenuhi asupan protein yang dibutuhkan pelari. Karena pelari membutuhkan protein 50-70 persen lebih banyak dibandin non-pelari.

Asupan protein yang banyak dapat membantu membangun dan memulihkan otot setelah digunakan dengan keras. Empat ons ayam dapat memenuhi setengah kebutuhan protein pelari dalam satu hari. Selain itu, ayam juga mengandung selenium dan vitamin B. Selenium merupakan elemen yang dapat melindungi otot dari kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas sedangkan vitamin B membantu pembakaran lemak selama berlari.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi baru berlari, bisa mengikuti BCA Bali Run 2017 yang digagas PT Bank Central Asia Tbk. Gelaran ini akan melombakan kategori Half Marathon, 10K dan 5K+. Sambil l menikmati indahnya pulau Dewata, Anda juga bisa menjaga kesehatan tumbuh. Untuk mendaftar, silakan mengunjungi laman www.bcarun.com.

Biaya pendaftaran Rp 450 ribu untuk kategori 25K, Rp 400 ribu untuk kategori  10K, dan Rp 350 ribu untuk kategori  5K+. Kabar baiknya, bagi Anda yang merupakan nasabah BCA, ada potongan harga sebesar Rp 150 ribu untuk semua kategori.

Cara mendapatkan potongan harga tersebut mudah saja. Anda cukup melakukan pembayaran menggunakan produk BCA, seperti  BCA KlikPay, KlikBCA, Transfer BCA, Kartu Kredit BCA , m-BCA, BCA Mobile, atau Sakuku. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Halo BCA 1500888 atau cukup mention akun Twitter @HaloBCA.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com