Advertorial

Sudah Cek Kesehatan Keuangan? Jangan Lupa Lakukan Cek Tambahan

Kompas.com - 12/09/2017, 19:00 WIB

Tahapan Xpresi

Tahapan Berjangka 

Cek kesehatan keuangan, atau yang biasa dikenal dengan istilah Finansial Check Up (FCU) adalah hal yang harus dibiasakan secara rutin. Tentu saja ini penting, karena kalau Anda tidak sadar kalau keuangan Anda sedang tidak sehat dan Anda tidak menyadarinya, bisa-bisa Anda terpaksa mulai dari melakukan pinjaman sampai menjual aset.

FCU pada dasarnya melibatkan beberapa kriteria berupa rasio keuangan tertentu. Rasio tersebut seperti perbandingan harta dan utang, atau rasio aset lancar dan rasio menabung. Namun pada kondisi tertentu, FCU saja tidaklah cukup. Kamu perlu FCU tambahan.

Lalu, saat kondisi seperti apa itu FCU tambahan berlaku? Berikut penjelasan perencana keuangan QM Financial Yasmeen Danu.

Setelah Pengeluaran Besar

Kondisi keuanganmu biasanya akan terpengaruh setelah kamu pulang dari liburan atau membeli barang mahal. Walaupun kamu sudah mempersiapkannya dengan baik terlebih dahulu.

Karena itu, setelah melakukan kegiatan yang membuatmu mengeluarkan biaya yang besar, sebaiknya segera melakukan FCU untuk melihat seberapa besar dampak yang terjadi. Bila perlu, segera ambil langkah-langkah perbaikan.

Sebelum Menambah Utang

Meski diperbolehkan, sering kali utang mengacaukan kondisi keuangan. Makin besar cicilan, makin berkurang kemampuan investasi. Karena itu sebelum memutuskan berutang, lakukan FCU guna mengetahui dampaknya pada kondisi keuangan.

Jangan salah, utang tak hanya mempengaruhi kondisi saat ini, tetapi juga kondisi masa depan. Pastikan tujuan penting seperti dana darurat atau dana pendidikan tetap aman.

Ketika Ada Tambahan Penghasilan

Baru pindah kerja, promosi jabatan atau bergabung dengan bisnis yang menguntungkan? Berapa persen kenaikan penghasilanmu? Jika di atas 20 persen, sebaiknya lakukan FCU. Umumnya, kenaikan penghasilan diikuti kenaikan pengeluaran.

Jika kenaikan penghasilan mengakibatkan kenaikan investasi, tentu tidak masalah. Namun, bila pengeluaran gaya hidup meningkat, artinya rasio menabung turun. Check up akan memastikan kondisi keuanganmu tetap ideal agar menabung dan investasi lancar.

Ayo lakukan FCU secara rutin.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com