Miliarder dari Bisnis Teknologi Semakin Banyak Bermunculan di Asia - Kompas.com
Advertorial

Miliarder dari Bisnis Teknologi Semakin Banyak Bermunculan di Asia

Kompas.com - 13/09/2017, 14:14 WIB
-- -

Jika Anda perhatikan nama-nama miliarder yang menghimpun kekayaannya dari bisnis teknologi kebanyakan berasal dari benua Amerika dan Eropa. Misalnya saja Jeff Bezos pendiri Amazon.com, Mark Zuckerberg pendiri Facebook, dan masih banyak lagi.

Alasannya negara maju memang memiliki karakteristik miliarder yang berbeda. Orang kaya di negara-negara berkembang biasanya memperoleh kekayaan dari bisnis komoditas, sementara di negara maju lebih banyak orang kaya berangkat dari bisnis teknologi.

Namun, saat ini seiring dengan menjadi semakin majunya beberapa negara di benua Asia, miliarder dari bisnis teknologi pun semakin banyak bermunculan benua di Timur tersebut.

Forbes baru saja merilis daftar orang-orang terkaya di dunia yang berasal dari bisnis teknologi dan beberapa miliarder asal Asia termasuk di dalamnya. Pendiri Microsoft, Bill Gates masih menduduki peringkat pertama dengan kekayaan 84,5 miliar dollar AS.

Posisi Gates disusul oleh Jeff Bezos pendiri Amazon.com dengan kekayaan 81,7 miliar dollar AS, Mark Zuckerberg dengan kekayaan 69,9 miliar dollar AS, dan pendiri Oracle Larry Ellison dengan kekayaan 59,3 miliar dollar AS.

Posisi kelima ditempati oleh Larry Page, pendiri Google, dengan kekayaan 43,9 miliar dollar AS. Dari total 93 nama miliarder teknologi, sebanyak 21 nama berasal dari negara Asia seperti China, Hong Kong, dan Taiwan.

Miliarder Asia dari bisnis teknologi dengan kekayaan terbanyak adalah Jack Ma, pendiri Alibaba. Jack tercatat memiliki kekayaan 37,4 miliar dollar AS dan menempati posisi ketujuh dalam daftar Forbes. Di bawah Jack Ma ada pemilik Tencent, Ma Huateng, dengan kekayaan 36,7 miliar dollar AS.

Milarder asal Hong Kong, Zhou Qunfei, yang memasok layar sentuh untuk Apple dan Samsung memiliki kekayaan 10 miliar dollar AS dan menduduki peringkat 26. Di bawahnya, ada Yeung Kinman di posisi 44 dengan kekayaan 5,4 miliar dollar AS.

India menyumbang dua nama, yakni Azim Premji dan Shiv Nadar. Masing-masing menduduki posisi 15 dan 18. Singapura menyumbang satu nama dari bisnis elektronik, Jason Chang dengan kekayaan 2,8 miliar dollar AS dan menempati posisi 89.

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM