Proyek Meikarta Disorot Media Asing - Kompas.com
Advertorial

Proyek Meikarta Disorot Media Asing

Kompas.com - 13/09/2017, 19:19 WIB
Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

KompasProperti - Terobosan Lippo Group membangun kota mandiri di Cikarang, Kabupaten Bekasi, disoroti media Amerika dan Eropa. Meikarta diprediksi menjadi magnet yang mampu menarik investasi di kawasan timur Jakarta.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (13/9/2017), Nasdaq dan Dow Jones News menyatakan, pemerintah Indonesia tengah membangun kota industri dan pusat ekonomi baru di sebelah timur Jakarta.

Kedua media tersebut mengutip informasi dari Reuters dan Bloomberg tentang proyek kota baru yang dibangun Lippo Group yang terletak di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kota baru itu berada di posisi yang strategis dengan akses transportasi yang mudah dan berjarak hanya 40 km dari DKI Jakarta, serta berjarak 108 km dari kota terbesar keempat di Indonesia yaitu Bandung.

Baca: Selain Rumah Sakit, Tahun Ini Lippo Andalkan Meikarta

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah membangun enam mega infrastruktur. Di antaranya adalah kereta cepat Jakarta-Bandung, Deep Seaport Patimban, Bandara Internasional Kertajati, light rapid transit (LRT), jalan tol Jakarta-Cikampek, serta sistem monorail yang menghubungkan semua area industri.

Kini, terdapat 5000 perusahaan lokal, internasional, serta 6 kawasan industri modern di Cikarang. Kawasan ini juga merupakan daerah industri otomotif Indonesia, dengan hasil produksi sekitar satu juta mobil dan 10 juta sepeda motor per tahun.

Media-media itu menyatakan, seorang pengamat ekonomi yang mempunyai relasi sangat baik dengan pemerintah membocorkan, dengan arah perkembangan saat ini, kota satelit Meikarta tidak hanya akan menjadi pusat bisnis yang berada di sebelah timur Jakarta, tetapi juga akan menjadi pusat aktifitas ekonomi Indonesia.

Meikarta dan area sekitarnya akan menjadi boomtown yang berkedudukan sangat penting di Indonesia.

Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Media utama dari Eropa dan Amerika itu juga melansir, proyek kota baru Meikarta mampu menarik perhatian dunia.

Meikarta, sebuah kota metropolitan baru di Indonesia sekaligus pusat komersial masa depan di sebelah timur Jakarta, akan hadir sebagai gold collar se-Asia Tenggara serta lahan investasi menjanjikan bagi white collar dengan konsep dan rencana pembangunan paling terdepan.

Dengan fasilitas penunjang yang paling lengkap, Meikarta diproyeksikan mampu membawa kehidupan kota yang lebih modern dan praktis.

Meikarta menjadi kawasan hunian dan area komersial yang lengkap seperti pusat perkantoran, pengobatan, pendidikan yang berkualitas. Dengan kelengkapan fasilitas itu, warga Meikarta akan sangat terdukung aktivitas bisnis dan kehidupan sehari-harinya.

Baca juga: Kemudahan Hidup di Kota Baru Meikarta

Dalam perencanaan, Meikarta mengacu kepada Central Park di New York City Amerika serta Champs Street Prancis serta perencanaan kota-kota besar dunia yang terkenal lainnya.

Meikarta berupaya untuk menciptakan kota kelas satu di Indonesia sebagai tujuan perkembangannya, dengan menonjolkan unsur khas masyarakat dan budaya dari kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang akan menjadikan konstruksi daerah tersebut menjadi kota habitat yang terkenal di dunia.

Meikarta akan menyediakan Central Park seluas 100 hektar yang dilengkapi dengan kebun binatang mini, danau, hutan, taman bunga, dan jogging track.

Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.

Masalah transportasi menjadi trauma bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama karena soal macet. Proyek Meikarta dengan 4 layers road akan memisahkan jalur pejalan kaki dan jalur kendaraan bermotor. Pengaturan itu akan menciptakan keteraturan lalu lintas dan menjamin keamanan warga Meikarta bila ingin keluar rumah.

Fasilitas kehidupan yang mewah dan lengkap, lingkungan yang nyaman untuk pejalan kaki, jalur dengan grid interkoneksi, serta jaringan pejalan kaki dan ruang publik berkualitas tinggi, menciptakan kestabilan relasi antar-manusia serta mendekatkan jarak antar-manusia.

Segenap aktivitas seperti bekerja, bergaul, belanja, bersantai, berbudaya, hiburan tidak lagi terpisah di beberapa area kota. Keterpaduan beragam aktivitas itu merupakan upaya merealisasikan mimpi kota metropolitan setiap orang.

Central Park di kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat Central Park di kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat

Selain layak dan nyaman untuk dihuni, Meikarta juga akan menciptakan landmark di lokasi sentral berupa hotel, gedung perkantoran, serta berbagai gedung untuk area komersial.

Perpaduan fungsi gedung pencakar langit itu akan mengumpulkan masyarakat kota dan menjadikan Meikarta sebagai area pusat kota baru. Ditambah lagi dengan bidang komersial, bidang layanan, bidang teknologi yang akan hadir nantinya, Meikarta akan menyediakan kesempatan berkarir yang bagus.

Berdasarkan arah perkembangan saat ini, proyek Meikarta berpotensi untuk menjadi sub-pusat Metropolitan dan pusat komersial di sebelah timur Jakarta.

Meikarta diproyeksikan memiliki pusat perbelanjaan yang akan melebihi Dubai, pusat financial kota baru itu diharapkan mampu melebihi Manhattan, di mana perdagangan logam mulia akan melebihi London.

Baca: Investasi Prospektif di Kota Baru Meikarta

Meikarta juga akan menjadi pusat pendidikan dan teknologi masa depan.

Menurut opini para ahli, harga jual apartemen di Meikarta hanya sepersekian dari rata-rata harga rumah di Jakarta pada umumnya. Namun, nilai hunian di Meikarta akan lebih tinggi dari Jakarta di masa depan.

Harga apartemen di Meikarta kurang lebih sama dengan harga rumah di kota kecil Bogor. Akan tetapi, tidak hanya lingkungan, fasilitas ataupun perkembangan di masa depannya akan jauh melebihi Bogor.

Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

CEO Lippo Group James Riady mengklaim Proyek Meikarta sebagai suatu terobosan yang perlu didukung oleh semua pihak. Sebab, tujuan pembangunan Meikarta adalah membantu pemerintah menyelesaikan masalah kekurangan perumahan sebanyak 11,4 juta unit.

Menurut dia, Meikarta telah menuai kesuksesan karena mampu menyedot perhatian masyarakat.

"Sampai sekarang sudah terjual 130.000 unit dengan 32.000 unit di antaranya sudah Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)," ujar James saat talkshow BTN Golden Property Awards di Hotel Raffles Jakarta, Senin (11/9/2017) dalam Kompas.com.

Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Media Amerika dan Eropa itu melansir, tren kenaikan ekonomi sering disertai kenaikan harga rumah, terlepas dari negera berkembang atau emerging economies. Skala kenaikan harga rumah di Indonesia tidak besar. Selain itu, konsep spekulasi real estate juga kurang.

Dengan mengacu pada pengalaman negara dan wilayah lain, manfaat dari pusat kota baru akan paling signifikan dalam perluasan kota-kota besar. Meikarta berpotensi besar untuk berkembang sebagai pusat kota baru dengan peluang investasi yang sangat besar.

Baca juga: Bakal Ada Jakarta Baru Dekat Kawasan Industri Cikarang

Meikarta dengan fasilitas pendukung dan sumber daya publik yang lengkap dan terpadu tidak hanya merupakan kawasan layak huni, tetapi juga menjadi kota dengan peluang karir yang cemerlang di kawasan industri serta berpotensi besar sebagai investasi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM