kabar ketenagakerjaan

Kemenaker Ajak Semua Pihak Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing

Kompas.com - 14/09/2017, 18:52 WIB

Kementerian Ketenagakerjaan menggelar acara bertajuk Seminar Nasional Peningkatan Produktivitas Rakyat dan Daya Saing di Pasar Internasional.

Acara yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (14/9/2017) ini, diikuti oleh elemen masyarakat, jajaran pejabat Kemenaker RI, dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Asian Productivity Organization (APO) Dr  Santhi Kanoktanaporn. Kehadiran Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri diwakilkan oleh Bambang Satrio Lelono, Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bambang Satrio Lelono, Menteri Hanif menyatakan pentingnya sebuah bangsa untuk meningkatkan produktivitas dan daya saingnya. Hal itu dimaksudan agar mereka mampu menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Dua faktor ini pun tertuang dalam butir keenam Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sebagai agenda prioritas nasional. Lebih lanjut, Hanif menyatakan penurunan peringkat daya saing nasional Indonesia (versi World Economy Forum) dinilai erat kaitannya dengan rendahnya produktivitas total nasional.

“Kondisi ini semakin menguatkan kita untuk melakukan upaya-upaya yang lebih maksimal dan terukur melalui suatu gerakan yang berskala nasional dan yang bersifat masif,” demikian disampaikannya dalam sambutan tertulis.

Adapun topik yang dibahas adalam seminar nasional ini meliputi berbagai isu. Mulai dari isu di bidang sistem manajemen dan birokrasi, inovasi, kualitas SDM, pengembangan budaya produktif, hingga pemanasan global dan green productivity yang dikaitkan dengan produktivitas dan daya saing nasional.

Hanif menilai seminar ini merupakan momentum untuk reaktualisasi butir keenam Nawacita. Ia berharap melalui seminar ini didapatkan saran dari berbagai perspektif  yang konstruktif. Dengan demikian dapat dirumuskan kerangka besar dan road map peningkatan produktivitas dan daya saing yang teknis dan terperinci.

Hanif juga mengharapkan dukungan dari semua kalangan baik jajaran pemerintahan, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com