Sorot

Menata Apartemen Berdasarkan Feng Shui

Kompas.com - 15/09/2017, 18:43 WIB


KompasProperti - Perhitungan ilmu feng shui bisa diterapkan dalam tata letak bangunan dengan tujuan menciptakan keharmonisan di dalam hunian.

Sebenarnya feng shui merupakan ilmu, kebijaksanaan, sekaligus seni yang dapat memudahkan kehidupan serta membantu untuk meraih sukses. Kuncinya, keselarasan dengan alam.  

Feng shui memiliki makna feng (angin) dan shui (air). Energi qi atau chi yang dibawa angin dapat mengendap atau berhenti di air. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyeimbangkan energi tersebut.

Dalam perhitungan feng shui, pintu bangunan biasanya menjadi pokok masalah dalam menentukan arah hadap. Arah hadap yang baik berbeda-beda untuk setiap orang. Untuk mengetahui arah hadap yang baik, mesti dihitung berdasarkan angka kelahiran (ba zi) masing-masing.

Baca: Memilih Posisi Apartemen di Atas atau Bawah

Selain itu, bentuk dan model gedung yang seimbang serta proporsional dinilai jauh lebih baik, dibandingkan gedung yang  modelnya tidak simetris dan tidak seimbang.

Dalam feng shui, tidak disarankan untuk memposisikan pintu depan dan belakang pada satu garis lurus, karena energi yang masuk akan cepat keluar.

Pintu belakang yang terlalu lebar dan besar juga tak baik karena energi tak akan mudah berakumulasi. Penataan tersebut juga bisa membuat pencahayaan pada ruangan menjadi buruk.

Selain pintu belakang, pintu kamar mandi tidak boleh sejajar dengan pintu masuk, karena aliran energi yang masuk akan diserap sepenuhnya oleh kamar mandi. Akibatnya, rumah kehilangan energi positif.

Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Kamar mandi tidak dianjurkan berada di tengah-tengah rumah karena ruang tengah dianggap sebagai jantung feng shui, dimana terdapat titik yin-yang.

Area tengah sebaiknya dibiarkan terbuka dan mendapat cahaya, serta sentuhan artistik yang baik.

Hindari pintu utama menghadap langsung ke lift atau pintu darurat untuk menghindari diri Anda dari energi tidak stabil. Daerah di sekitar pintu masuk haruslah selalu cukup untuk mendapatkan cahaya buatan maupun alami serta lapang.

Air merupakan hal penting untuk feng shui karena qi atau energi akan berkumpul jika mengenai air. Air tersebut haruslah berkualitas baik dan mengalir secara lancar. Idealnya, air berada di bagian depan bangunan, bukanlah di bagian belakang.

Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Meikarta telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.

Kota mandiri Meikarta di Cikarang yang tengah dibangun Lippo Group akan membangun 200 ribu unit apartemen pada tahap pertama.

Kota baru itu memberi peluang untuk memilih apartemen yang tepat bagi Anda sesuai feng shui.

Baca juga: Temukan Apartemen Strategis di Dekat Kawasan Industri Cikarang

Ruang terbuka hijau di Meikarta memiliki danau seluas 40 hektar yang berfungsi sebagai reservoir. Rimbunnya pepohonan menghasilkan udara segar dan menjaga suhu udara di kawasan Meikarta.

Anda bisa memilih letak apartemen yang sesuai dengan feng shui sekaligus berpemandangan taman kota.

Sebaiknya, pilih apartemen di lantai lebih tinggi. Sebab, semakin tinggi ruang, semakin sedikit unit apartemen yang ada di atasnya, artinya energi lebih ringan di unit  tersebut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com