Advertorial

Semakin Canggih, Kini Transaksi Perbankan di ATM Bisa Dilakukan Tanpa Kartu

Kompas.com - 18/09/2017, 15:24 WIB

Kartu Debit, atau sering disebut kartu ATM adalah kartu identitas kita di dunia perbankan. Kartu ini menyimpan data-data perbankan kita dan membantu untuk mengakses beragam layanan dan produk bank di mesin ATM.

Namun, sejak tahun lalu banyak bank di Amerika Serikat mulai berhenti menerbitkan kartu berbahan plastik tersebut. Alasannya, untuk meningkatkan keamanan nasabah serta memberi kepraktisan yang diidamkan oleh nasabah muda.

Segala jenis transaksi di ATM bank-bank tersebut sudah bisa diakses tanpa kartu. Bank of America (BofA) yang sudah mengadopsi inovasi  ini mengatakan bahwa transaksi tanpa kartu dapat memberi kemanan lebih baik dan menawarkan proses transaksi lebih cepat. Begitu pula dengan Wells Fargo dan JPMorgan.

Di Indonesia sendiri, transaksi tanpa kartu sudah mulai diterapkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Bank swasta ini sudah lebih dulu memulainya melalui aplikasi Sakuku. Jadi, nasabah cukup menggunakan aplikasi Sakuku mereka untuk melakukan tarik tunai di ATM BCA.

Kini, BCA menambahkan fitur yang sama untuk BCA mobile. Untuk bisa mencoba fitur baru ini, nasabah cukup memperbarui aplikasi BCA mobile mereka di App Store maupun Play Store. Untuk tarik tunai, caranya sangat mudah. Cukup masuk ke menu aplikasi BCA mobile kemudian pilih menu tarik tunai. Kemudian, masukkan nominal yang diinginkan dan tekan OK.

Selanjutnya, masukkan PIN m-BCA dan tekan OK. Setelah selesai, nasabah akan mendapat kode tarik tunai dan jatuh tempo penarikan tunai. Setelah tekan OK,  nasabah bisa mengecek kembali kode tarik tunai di inbox.

Batas waktu penggunaan kode tarik tunai adalah dua jam. Namun, bila Anda batal melakukan tarik tunai, meski sudah memperoleh kode tarik tunai, atau kode hangus, dana tetap aman dan tidak berkurang. Setelah mendapat kode tarik tunai tersebut, nasabah cukup datang ke ATM BCA yang punya fitur khusus ‘Transaksi Tanpa Kartu’.

Di ATM ini, nasabah akan mendapat dua pilihan, Sakuku atau BCA mobile. Jika ingin menggunakan BCA mobile, pilih BCA mobile dan masukkan nomor ponsel yang terdaftar di BCA mobile. Selanjutnya, masukkan kode tarik tunai yang sudah dimiliki dan uang akan keluar dari ATM.

Bagaimana? Lebih praktis, bukan?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com