Advertorial

Punya Aplikasi Ini, Pembayaran Lebih Praktis Tanpa Perlu Buka Dompet

Kompas.com - 21/09/2017, 11:00 WIB

Teknologi digital saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Aktivitas sehari-hari saat ini, boleh dikatakan hampir semuanya melibatkan teknologi digital. Berkat kehadiran teknologi digital, kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Salah satu contohnya pada saat Anda berbelanja dan bertransaksi keuangan. Saat ini proses yang dilalui lebih simpel dan singkat. Apalagi setelah hadirnya aplikasi dompet elektronik. Tanpa perlu buka dompet fisik atau menyediakan uang tunai dalam jumlah besar Anda dapat melakukan berbelanja dan melakukan pembayaran.

Aplikasi dompet elektronik menawarkan kemudahan dan keamanan dalam transaksi. Cukup membawa ponsel pintar dengan aplikasi dompet elektronik di dalamnya, Anda bisa melakukan semua jenis transaksi. Mulai dari pembayaran, pembelian, hingga tarik tunai.

Salah satu dompet elektronik yang dikenal di Indonesia adalah Sakuku. Aplikasi yang diterbitkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) ini dapat diperoleh di Android PlayStore dan Apple Appstore. Penggunaannya cukup mudah.

Untuk membayar tagihan makan misalnya, Anda cukup memindai QR Code yang ada, konfirmasi dan selesai. Begitu pula dengan layanan transfer atau bahkan tarik tunai. Mudah dan praktis bukan?  

Meski demikian, pengguna dompet elektronik juga harus tetap berhati-hati dan bijaksana menggunakannya. Ini karena teknologi digital punya dua sisi mata uang. Di satu sisi Anda bisa menikmati kepraktisan transaksi dengan memanfaatkannya, tetapi tetap ada celah juga bagi oknum tak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya.

Untuk menjaga keamanan diri, jangan pernah memberikan username, PIN, atau kode yang bersifat pribadi pada orang lain. Hindari pula situasi dimana orang asing memandu Anda untuk melakukan transaksi dompet elektronik menggunakan ATM, misalnya ketika melakukan transaksi jual beli secara daring. Selain itu Anda harus selalu bersikap waspada.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com