Advertorial

Ini Aksi BCA untuk Berkontribusi Jaga Kelestarian Orangutan

Kompas.com - 21/09/2017, 17:00 WIB

Menjaga keseimbangan antara operasional bisnis dengan kepedulian terhadap lingkungan sosial merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan setiap perusahaan. Tanggung jawab tersebut biasanya diwujudkan dengan sejumlah kegiatan yang terangkai dalam program CSR (Corporate Social Responsibility).

Contohnya seperti yang dilakukan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Beberapa tahun terakhir, bank swasta nasional ini secara rutin  menunjukkan kepedulian terhadap  pelestarian habitat satwa yang dilindungi, salah satunya orangutan.

Tahun ini, BCA kembali bekerja sama Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) menyelenggarakan #OrangutanDay of Freedom. Gerakan ini adalah bagian dari rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72  dan Orangutan International Day yang jatuh pada Sabtu (19/8/2017) lalu.

Gerakan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan isu konservasi orangutan dan habitatnya pada masyarakat ibukota. “Kali ini, BCA memberi donasi Rp 200 juta untuk mendukung kegiatan pelepasliaran 200 orangutan oleh Yayasan BOS di tahun ini,” kata Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati.

Donasi tersebut rencananya akan dipakai untuk melepasliarkan 100 orangutan di Kalimantan. Sebelumnya, BCA juga pernah melakukan donasi Rp 200 juta untuk kegiatan yang sama di Hutan Kehje Sewen di Kalimantan Timur.

Sejak 2012, Yayasan BOS telah aktif melepasliarkan 289 orangutan di Kalimantan, dengan sekitar 650 orangutan masih direhabilitasi. Hingga pertengahan 2017, BOSF sudah melepasliarkan 167 orangutan di Hutan Konservasi Bukit Batikap di Kalimantan Tengah, 75 orangutan di Hutan Kehje Sewen di Kalimantan Timur, dan 47 orangutan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Tengah.

Berkomitmen mendukung kegiatan BOS melestarikan orangutan, BCA aktif memberi donasi dan baru-baru ini turun langsung dalam kegiatan pelepasliaran 12 orangutan dari Program Reintroduksi Orangutan di Nyaru Menteng menuju Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Tengah.

“Melalui program CSR, BCA sudah banyak mendukung upaya konservasi orangutan dan habitatnya yang dilaksanakan Yayasan BOS. Karena kami di BCA percaya bahwa satwa liar seperti orangutan selayaknya hidup bebas di habitat alaminya, di hutan,” kata Inge.

BCA yakin, dukungan ini bisa lebih besar dengan kontribusi masyarakat umum. Oleh karena itu, BCA juga mendukung kegiatan penyadartahuan publik, berharap ada acara serupa agar masyarakat makin sadar pentingnya upaya konservasi orangutan dan habitatnya, tutup Inge.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca di www.bca.co.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com