Kilas

Lagi, Wali Kota Semarang Sabet Penghargaan Internasional!

Kompas.com - 21/09/2017, 20:48 WIB


SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Semarang, Jawa Tengah Hendrar Prihadi kembali memperoleh penghargaan bergengsi bertaraf internasional.

Kali ini, penghargaan diberikan dalam SIP Planning Awards di The Swissotel Merchant Court Singapura, Kamis (21/9/2017). Wali Kota Semarang menyabet penghargaan dalam kategori Best Urban Design atau Desain Perkotaan Terbaik.

Penghargaan diberikan tidak lepas atas kiprah pemerintah melakukan revitalisasi Pasar Johar seusai insiden kebakaran pada 2015 lalu.

"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa konsep perencanaan tata kota Semarang telah sesuai dengan pakem penataan kota-kota maju di dunia," kata Hendrar Prihadi, Kamis (21/9/2017) malam.

SIP Planning Awards merupakan sebuah ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan The Singapore Institute of Planners. Penghargaan digelar untuk memberi apresiasi kepada ‎para inisiator perencana tata kota di seluruh dunia.

SIP Planning Award rutih dilaksanakan sejak 2008. Untuk tahun 2017, ada empat orang atau pihak yang ditunjuk untuk menentukan para penerima penghargaan tersebut.

Para juri itu antara lain W. Paul Farmer, mantan ketua American Planning Association; Fong Chun Wang, Deputi CEO of HDB; Hwang Yu Ning selaku Direktur‎ Permukiman Kantor Perdana Menteri Singapura; dan Mohinder Singh selalu Dekan LTA Academy Singapura.

Terbaik

Para juri menilai desain revitalisasi Pasar Johar paling menarik. Desain pasar Johar dipilih karena berorientasi pada‎ pengadaan lahan hijau, serta menaruh perhatian pada pejalan kaki.

Revitalisasi Pasar Johar juga sudah mulai dilakukan penataan pada tahun ini. Selain itu, desain juga mengakomodasi rencana pengembalian struktur alun-alun Kota Semarang yang hilang.

Hendrar mengatakan, desain Pasar Johar menarik karena didukung berbagai pihak. "Penghargaan ini tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan masyarakat," ujarnya.

Sebelum menerima penghargaan ini, Hendrar Prihadi juga pernah menyabet penghargaan internasional lainnya. Diantaranya dalam ajang Socrates Award di Italia pada 2014.

Dalam ajang Socrates Award, Hendrar Prihadi dinobatkan sebagai Best City Manager atau Manajer Kota Terbaik atas pertumbuhan ekonomi Kota Semarang yang sangat pesat di tahun tersebut. (KONTRIBUTOR SEMARANG/ NAZAR NURDIN)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com