Sorot

Penjualan Meikarta Melejit karena Nama Besar Lippo, Benarkah?

Kompas.com - 22/09/2017, 19:07 WIB


KompasProperti - Ketika Lippo Group mengumumkan dimulainya pembangunan kota baru Meikarta di Cikarang Jawa Barat,  masyarakat yang tengah mencari apartemen segera bergegas mencari data.

Peluncuran pertama penjualan apartemen dilaksanakan. Peminatnya membludak, tempat penjualan dipenuhi antrean pembeli apartemen.

Pengembang Lippo Group bahkan sampai mencetak rekor penjualan hari pertama Meikarta dimana sebanyak 16.800 unit apartemen terjual dalam satu hari. Hal ini membuat MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) memberikan penghargaan.

Sebelumnya tidak  ada pengembang yang mencatatkan rekor penjualan terbanyak untuk hunian vertikal dalam satu hari.

Baca: Menurut James Riady, Meikarta Terjual 130.000 Unit

Daya tarik tingginya peminat Meikarta ini disebabkan lokasinya yang strategis, seperti dekat dengan jalan tol, ada kereta cepat, dekat dengan bandara, dan di sekitarnya terdapat kawasan industri yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis.

Hal lain yang disukai masyarakat adalah harga yang terjangkau, lalu ditambah diskon lainnya.
Namun, ada pula masyarakat yang berminat investasi properti dengan membeli sejumlah unit apartemen karena nama besar Lippo Group.

Memang, Lippo berhasil membangun Kota Karawaci yang kini jadi salah satu area hunian elit. Kemudian, anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk mulai membangun proyek properti terpadu (mixed use) Orange County senilai Rp 250 triliun di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Proyek tersebut dikembangkan di atas lahan seluas 322 hektar dengan megakonstruksi 16,5 juta meter persegi.

Baca juga: Digarap Tim Jepang, Apartemen Newport Park Dibanderol Harga Mulai Rp 470 jutaan

Central Business District (CBD) seluas 82,3 hektar di kawasan industri itu diklaim lebih besar dari area pusat bisnis di kota-kota negara maju, seperti Hudson Yards New York, ICC Union Square Hong Kong, dan Roppongi Hills Tokyo.

Meikarta sendiri dirancang oleh konsultan arsitektur dan desain internasional DP Architects yang berbasis di Singapura.

Tak hanya itu, Meikarta diapresiasi sebagai upaya pengusaha nasional Indonesia menghadirkan properti berkelas internasional yang bisa bersaing dengan kota-kota maju di negara tetangga.

Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Sebagai salah satu proyek yang dikembangkan oleh Lippo Group, Meikarta akan hadir sebagai kota baru berskala Internasional yang terbaik di Indonesia.

Pihak pengembang juga akan berkomitmen bahwa apartemen yang dibangun 200,000 unit tahap pertama selesai pada 2018. Kemudian, serah terima bertahap bisa dilaksanakan pada  Kuartal I-2019.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com