Advertorial

Ini 4 Alasan Mengapa Anda Harus Coba Jahit Sendiri Baju Batik untuk Pesta

Kompas.com - 25/09/2017, 13:20 WIB

Busana bergaya etnik memang tengah populer di kalangan kaum hawa untuk dikenakan saat menghadiri acara-acara resmi. Salah satunya pesta pernikahan. Batik, di antara kain-kain etnik lainnya masih menjadi motif kain paling populer untuk melengkapi gaya etnik.

Beragam kreasi pun tersedia di pasaran. Namun sayang, model yang tersedia terkadang tidak bervariasi sehingga ada kemungkinan Anda menemukan seseorang berpakaian batik bermodel serupa dengan yang Anda kenakan saat pesta. Tampilan Anda tidak lagi unik.

Nah, jika Anda pernah mengalaminya dan tidak mau situasi seperti itu terulang lagi, ada baiknya Anda mencoba menjahit sendiri. Meskipun agak sedikit repot ada untungnya jika menjahit sendiri baju batik untuk dikenakan ke pesta. Apa saja?

1. Model tidak pasaran

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, baju batik untuk pesta hasil jahitan sendiri modelnya tidak akan pasaran. Baju itu diciptakan dan dirancang sesuai selera, karakter tubuh Anda, dan kreasi Anda sendiri. Anda akan tampil lebih spesial dan unik di acara-acara resmi.

2. Mengasah kreativitas

Anda bebas berkreasi saat merancang model pakaian batik untuk pesta, memadu padankan motif batik satu dengan yang lain, hingga menambahkan aksesoris seperti payet, dan aksen lainnya. Kemudian, arahkan penjahit langganan untuk merealisasikannya.

3. Ukuran lebih sesuai

Bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda, tidak semuanya proporsional seperti patung manekin. Oleh karena itu membeli pakaian di toko bagi mereka yang memiliki tubuh istimewa akan terasa sulit.

Jika bagian dada muat, pinggul belum tentu. Motif sudah sesuai dengan selera, modelnya belum tentu cocok di tubuh. Dengan menjahit sendiri masalah-masalah ini akan teratasi.

4. Pakaian lebih nyaman dan awet

Baju hasil jahitan sendiri akan terasa lebih nyaman. Anda dapat memilih bahan dengan memperhitungkan kenyamanan saat dipakai pesta. Durabilitasnya akan lebih tinggi. Saat memilih bahan, karena tahu bahwa jasa menjahit pakaian tidaklah murah, pastinya Anda akan lebih teliti dan mempertimbangkan kualitas bahan.

Bagi Anda yang ingin mencoba menjahit busana batik untuk pesta, saat ini bahan berupa kain batik yang dijual dalam ukuran meter banyak tersedia. Anda bisa mencarinya di pusat-pusat belanja batik atau bisa juga dengan mengunjungi situs jual beli online Tokopedia.

Anda dapat menemukan merchant-merchant yang jual kain batik online. Tersedia beragam motif batik dari seluruh Indonesia. Tidak hanya itu Anda juga bisa menemukan kain etnik lainnya seperti tenun, lurik, hingga shibori dan batik indigo yang saat ini sedang populer di toko online ini.

Jika butuh pakaian yang tidak berbahan batik untuk kesempatan resmi maupun kasual, Tokopedia juga memiliki koleksi baju atasan wanita terbaru yang modelnya tidak pasaran. Tampil modis dan unik dimulai dari Tokopedia. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com