Advertorial

Lebih Mengenal Indonesia, dari Kota sampai Desa

Kompas.com - 25/09/2017, 19:31 WIB

Ketika ditanya tentang Indonesia, apa yang pertama terlintas di benak Anda? Jawabannya tentunya akan bermacam-macam. Mulai dari keberagamannya, keramahannya, sampai bentangan alamnya yang luas.

Indonesia memang tidak akan bisa digambarkan hanya dengan Tugu Monas di Jakarta. Karena tidak seberapa jauh dari sana Anda sudah akan menemukan masyarakat yang berbeda. Mulai dari budayanya, bahkan sampai logatnya. Apalagi kalau Anda meneruskan perjalanan Anda semakin jauh, maka perbedaan tersebut akan semakin terasa.

Keberagaman memang menjadi kekayaan Indonesia. Nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini memang memiliki 16.056 pulau yang sudah terverifikasi dan didaftarkan ke PBB per Agustus 2017 lalu. Dari wilayah seluas itu, terdapat 740 suku atau etnis dengan 583 bahasa dan dialeg dari 67 bahasa induk yang digunakan.

Mengenal Indonesia dengan touring

Mengenal Indonesia memang tidak akan pernah cukup hanya dengan melihatnya dari bahan bacaan atau video, dan mengunjungi kota-kota yang menjadi pusat daerah masing-masing. Untuk dapat mengenal Indonesia, Anda harus menjelajah ke desa-desa yang berada di berbagai penjuru.

Karena itu, touring dengan motor menjadi salah satu cara untuk Anda dapat mengenal Indonesia lebih jauh. Anda bisa memulainya dengan menjelajah ke desa-desa yang berada di pelosok kabupaten tempat Anda tinggal.

Touring dengan motor memang menarik. Pertama Anda akan lebih fleksibel dalam memilih jalan, sehingga Anda dapat menembus jalan-jalan yang biasa dilalui oleh warga setempat dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, touring dengan motor juga membuat Anda lebih fleksibel untuk dapat berinteraksi dengan warga.

Memang, aksesnya memang tidak selalu mudah. Jalanan yang Anda temui tidak selalu mulus dan lebar seperti jalan bebas hambatan di perkotaan. Karena itu, apabila Anda berniat untuk menjelajah ke desa-desa yang berada di berbagai penjuru, sebaiknya Anda menggunakan motor yang didesain khusus untuk melakukan perjalanan offroad.

Motor tersebut biasanya disertai dengan ciri-ciri ban pacul, ground clearence yang tinggi, dan suspensi roda yang panjang. Kesemuanya itu memang menunjang untuk melewati jalanan offroad

-- -

Motor offroad tersebut biasanya dikenal dengan motor trail. Namun Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk membeli motor trail tersebut, karena Yamaha telah mengeluarkan produk yang mumpuni untuk dibawa ke medan berat, yaitu Yamaha All New Xride.

Sekilas motor ini memang terlihat seperti motor matik lainnya, yaitu motor matik yang nyaman digunakan untuk di perkotaan. Tetapi ketika handel gas di putar di medan offroad, kekuatan dan performa offroad dari motor ini akan keluar.

Motor yang dibuat oleh pabrikan dengan logo garpu tala ini terbukti telah berulang kali menaklukkan berbagai rute offroad di Bukit Hambalang.

Nah untuk kamu yang sudah punya Yamaha All New Xride, di momen HUT Indonesia ke-72 ini ayo geber motormu dan kenal Indonesia lebih jauh.

Cari informasi lebih lanjut tentang seri terbaru dari Yamaha All New Xride hanya di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com