kabar mpr

Hidayat Nur Wahid: Sosialisasi Empat Pilar Harus Mudah Diterima oleh Semua Kalangan

Kompas.com - 26/09/2017, 12:09 WIB

Saat berkunjung ke Semarang Jawa Tengah, dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR, Senin (25/9/2017), Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyampaikan harapannya agar semua kalangan dapat melaksanakan Empat Pilar MPR dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, kata Hidayat, saat ini MPR senantiasa bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya adalah TNI, Polri, ormas agama, ormas non agama, serta mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mewujudkan harapan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Hidayat Nur Wahid pada pembukaan Sosialisasi Empat Pilar MPR di hadapan ratusan pengurus dan anggota Mathla’ul Anwar se-Jawa Tengah. Sosialisasi Empat Pilar tersebut dihadiri oleh Ketua DPW Mathla’ul Anwar HM Sumanto dan Sekjen Pimpinan Pusat Mathla’ul Anwar KH Oke Setiadi.

Pada sosialisasi kali ini, politikus yang juga seorang pengajar tersebut, memaparkan sejarah lahirnya Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ia juga mengakui bahwa saat ini banyak terjadi penyimpangan terhadap nilai-nilai luhur Pancasila. Mulai dari lunturnya pemahaman akan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, hingga sila kelima.

Indonesia, dikatakan pria yang akrab disapa HNW ini, adalah negeri yang sangat luas dan kaya sumber daya alam. Namun, lahan yang bisa dimanfaatkan ternyata hanya dikuasai oleh segelintir orang. Hal demikian menurut Hidayat Nur Wahid menyebabkan terjadinya ketimpangan sosial atau ketidakadilan sosial.

"Untuk itu penting bagi semua pihak untuk melaksanakan sila kelima Pancasila, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI juga menyebutkan bahwa, Sosialisasi Empat Pilar yang telah di lakukan sejauh ini dengan cara diskusi, dialog, dan seminar bertujuan agar mudah diterima oleh semua kalangan.

Ia juga menambahkan, perlunya keterlibatan pemerintah dalam mensosialisasikan Pancasila.  Keinginan itu telah disampaikan MPR kepada Presiden dan Hidayat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang telah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP).

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com