Sorot

Monorail Dibangun untuk Hubungkan Meikarta dengan Jalur Kereta Cepat

Kompas.com - 27/09/2017, 11:44 WIB

KompasProperti - Lippo Group berencana membangun automated people mover (APM) atau monorail untuk menghubungkan kota mandiri Meikarta dengan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Monorail itu juga akan menghubungkan tujuh kota baru di sekitar Meikarta.

Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan, monorail akan dibangun di tengah Meikarta untuk akan menyambungkan sejumlah titik perhentian di dalam kota mandiri tersebut. Selain itu, monorail menjadi penghubung suatu jenis infrastruktur transportasi dengan jenis infrastruktur transportasi lainnya.

Baca: James Riady: Meikarta akan Memperkuat Koridor Timur

Saat ini, pemerintah tengah membangun 6 proyek besar yakni pembangunan Patimban Deep Seaport di Subang, Kertajati International Airport di Majalengka, Light Rail Transit (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang, jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway, serta jalur kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung.

Baca: Bingungnya Sesmen BUMN Proyek LRT Dikaitkan dengan Meikarta

Jalur kereta cepat yang menuju Bandung akan dibangun tak jauh dari kawasan Meikarta. Ketut mengaku tak tahu pasti stasiun antara Jakarta-Bandung akan dibangun di mana. Namun, ia optimistis stasiun kereta cepat bakal berada tak jauh dari Meikarta.

“Entah akan dibangun stasiun di mana. Tapi, masa bikin stasiun di tempat yang lenggang, nggak ada orang, kan tidak mungkin,” katanya di Menara Matahari awal September lalu.

Bila stasiun kereta cepat dibangun dekat dengan Meikarta, warga kota mandiri itu dapat mengaksesnya dengan monorail atau automated people mover.

“Itu pun akan dikoneksi dengan monorail,” imbuhnya.

Baca juga: Monorel Bakal Hadir di Meikarta

Sementara, LRT juga tengah dibangun dan diperkirakan akan beroperasi pada akhir 2018. Pembangunan jalur LRT saat ini baru mencapai Bekasi Timur. Namun, Ketut melanjutkan, jalur itu akan dilanjutkan hingga mencapai Karawang.

“Infrastruktur-infrastruktur yang direncanakan pemerintah itu dapat menunjang warga Meikarta untuk beraktivitas produktif,” ujarnya.

Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.KOMPAS/RIZA FATHONI Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.

Kota mandiri yang dekat dengan kawasan industri CIkarang itu sangat menunjang perkembangan di masa mendatang, baik dari sisi letak maupun konsep apartemen dan kawasan hunian yang lengkap dengan berbagai fasilitas modern.

“Meikarta sangat cocok untuk penghuni yang sangat tinggi mobilitasnya, bahkan generasi milenial yang sangat berani untuk berubah dengan cepat,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com