Advertorial

Mengintip 7 Hal Tentang Mark Zuckerberg

Kompas.com - 27/09/2017, 14:30 WIB

Nama Mark Zuckerberg sudah dikenal begitu banyak orang sebagai pendiri media sosial Facebook. Ia juga diketahui sebagai orang terkaya di dunia nomor lima menurut Bloomberg Billionaire Index, dengan kekayaan 72,5 miliar dollar AS.

Bergelimang harta dan kesuksesan, tak lantas membuatnya angkuh dan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan, khususnya pada karyawannya. Zuckerberg dikenal sebagai pencetus aturan cuti empat bulan untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan.

Sosok dan perbuatannya yang menginspirasi memang membuat banyak orang penasaran untuk mengenalnya lebih dalam. Seperti ditulis Smart-money.co  dari situs Inc-Asean, masih banyak fakta-fakta menarik mengenai Zuckerberg yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja itu?

1. Mulai membuat program sejak SMP

Saat berusia 12 tahun, Zuckerberg sudah bisa membuat aplikasi pesan singkat bernama ZuckNet. Manfaat dari aplikasi ini pertama kali dirasakan oleh ayahnya. Melalui ZuckNet, ayahnya bisa tahun bahwa dokter giginya sudah sampai.

2. Tak selalu dapat nilai tinggi di sekolah

Rupanya, meski suka belajar pemrograman, Zuckerberg pernah mendapat nilai C+ di sekolah saat belajar coding.

3. Hampir bekerja di Microsoft

Saat SMA, Zuckerberg pernah menjadi asisten di perusahaan pembuat aplikasi Synapse Media Player yang fungsinya serupa dengan Spotify. Setelah menjadi asisten, ia pun ditawari bekerja di perusahaan tersebut oleh co-founder-nya, Adam D’Angelo.

Namun, Zuckerberg menolak tawaran tersebut. Rupanya, tak lama setelah itu, Synapse Media Player dibeli oleh Microsoft.

4. Mengidolakan Steve Jobs

Begitu banyak orang mengidolakan pencipta produk-produk Apple, Steve Jobs. Begitu pula dengan Zuckerberg. Ia mengaku pernah memperkenalkan diri lalu meminta kartu nama Jobs saat bertemu di sebuah kesempatan.

5. Punya tim pengelola laman Facebook pribadi

Ia dikabarkan punya tim berisi 12 orang untuk mengelola laman pribadinya di Facebook. Tim tersebut bertugas mengawasi komentar yang masuk ke akunnya.

6. Multilingual

Pria yang kerap mengenakan kaus abu-abu ini selalu tertarik pada kebudayaan lama, seperti Latin. Selain itu, ia rupanya juga pandai berbahasa Mandarin, bahasa kampung halaman istrinya, Priscilla Chan.

7. Kaus abu-abu 300-400 dollar AS

Zuckerberg dikenal tak terlalu peduli dengan penampilannya. Ia terlihat begitu sering mengenakan kaus abu-abu, sepatu kets, dan celana denim. Menurut ia, berpikir untuk menggonta-ganti pakaian bisa menguras waktu, padahal waktu yang ada bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

Meski kausnya “itu-itu saja”, namun ternyata itu adalah hasil rancangan Brunelli Cucinelli yang dihual seharga 300-400 dollar AS.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com