Advertorial

Petinggi Facebook Berbagi Rahasia Capai Target

Kompas.com - 27/09/2017, 17:00 WIB

Setiap orang punya target dalam hidupnya. Masalahnya, tak semuanya selalu berhasil. Menurut sebuah survei, 80 persen orang gagal mencapai target-target yang dibuatnya sendiri.

Terkait hal ini, Chief Operating Officer (COO) Facebook Sheryl Sandberg membagi pengalamannya. Ia mengaku punya pendekatan berbeda untuk mencapai target.

Seperti ditulis Smart-money.co, Sheryl menyebut, setiap orang seharusnya memiliki agenda dalam hidup, bukan tujuan atau target. Agenda itu berisi ide atau tujuan utama dan sekunder dalam hidup. Buatlah daftar agenda tersebut dan realisasikan hal-hal itu satu per satu.

"Sebutlah kamu memiliki tiga ide untuk direalisasikan tahun ini. Hanya dua yang bisa direalisasikan. Satu yang tersisa bagaimana?" contoh Sheryl seperti dilansir CNBC.

Dengan menulis daftar ide yang ingin diwujudkan, seseorang bisa belajar mengenai skala prioritas. Ada ide yang bisa lebih dulu direalisasikan, ada yang bisa dijalankan di waktu lain. Semuanya tergantung kebutuhan dan pengaruh eksternal lainnya.

Sheryl pun membagi contoh nyata penerapan agenda dan target berdasarkan pengalaman kerjanya sendiri. Sebelum bekerja di Facebook, Sheryl bekerja selama tujuh tahun di Google. Saat itu, Google sudah fokus mengerjakan iklan digital.  Karena itu, Google sukses dengan iklan digital lebih dahulu.

Setelah ia pindah ke Facebook, perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu belum terlalu fokus mengerjakan iklan digital. Sheryl pun akhirnya memasukkan hal ini ke dalam daftar agenda, bukan target.

Selang beberapa waktu kemudian, daftar tersebut menjadi nyata. Pada kuartal kedua tahun ini, Facebook mendapat 9,16 miliar dollar AS dari FacebookAd. "Sebelum Facebook mendapat jaringan untuk iklan, kami benar-benar bersiap untuk membangun sistem, mengukur dan menargetkan penyelesaian sistem terlebih dahulu," tambahnya.

Menurut Sheryl, menyusun daftar itu penting. Sebab, dari daftar itulah seseorang bisa membuat fondasi yang baik sebagai panduan hal apa yang harus dilakukan dalam periode waktu tertentu.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com