Advertorial

Intip Trik Facebook dan Airbnb Bentuk Tim yang Solid

Kompas.com - 27/09/2017, 19:00 WIB

Salah satu tugas utama sebuah perusahaan adalah membentuk tim yang solid. Sebab, dengan kerja sama tim yang kuat, semua pekerjaan akan terasa lebih mudah.

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang digital, seperti Facebook dan Airbnb pun punya cara sendiri untuk memastikan bahwa karyawan-karyawannya bisa bergabung menjadi tim yang solid. Dengan cara-cara berikut ini, keduanya berhasil mendapat tim terbaik dalam waktu singkat.

Metode over-hire

Airbnb biasanya menggunakan metode ini. Karyawan yang punya kualitas baik akan mendapat tanggung jawab baru sehingga mereka bisa mengalami perkembangan dan menemukan posisi baru.

Setelah enam bulan, mereka akan menjadi kandidat yang lebih baik. Setelah itu, Airbnb akan menempatkan karyawan tersebut di posisi yang lebih baik atau lebih tinggi.

Metode “coba sebelum beli”

Saat Chief of Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg membuat tim penjualan, ia menerapkan metode ini. Sandberg mengatakan pada Reid Hoffman untuk menempatkan tiap orang di posisi-posisi yang belum jelas maupun pasti.

Facebook akan mengontrak orang tersebut untuk sementara waktu dan melakukan evaluasi setelah tiga bulan. Jika dalam kurun waktu tersebut mereka terbukti bisa menaikkan penjualan, berarti mereka memang punya kemampuan.

Menurut Sandberg, metode ini punya kelebihan, salah satunya bisa merekrut banyak orang dalam waktu singkat.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com