Sorot

Potensi Bisnis Jasa Kebersihan Apartemen

Kompas.com - 28/09/2017, 11:42 WIB

KompasProperti - Jasa kebersihan tak hanya dibutuhkan oleh institusi besar, namun juga pemukiman. Bahkan di negara-negara Eropa dan Amerika, jasa cleaning service telah melayani kebutuhan perumahan.

Jasa yang ditawarkan bisa berupa paket kebersihan lengkap, di mana rumah atau apartemen konsumen dibersihkan secara total.

Ada juga jasa kebersihan yang spesifik, misalnya khusus pencucian lantai atau dinding berbahan spesifik, poles marmer atau granit, kristalisasi marmer atau teraso, cuci sofa , dan fogging.

Untuk membersihkan itu semua dibutuhkan peralatan khusus dan atau bahan pembersih yang sesuai. Cara menggunakan peralatan dan bahan pembersih juga memerlukan keterampilan. Olah karena itu, perlu disiapkan tenaga kebersihan yang terlatih.

Baca: Cermat Berhitung Biaya Hidup di Apartemen

Petugas kebersihan itu bekerja di tempat tinggal konsumen. Untuk itu, kejujuran petugas merupakan modal utama di samping keterampulan. Klien harus memiliki kepercayaan pada orang-orang yang datang untuk membersihkan apartemen mereka.

Tarif harga cleaning  service bisa ditentukan sendiri dengan menghitung biaya per meter persegi. Misalkan, jika furnitur di suatu unit relatif banyak, biaya jasa kebersihan Rp 10.000 per meter persegi. Tarif bisa lebih murah jika furnitur tak banyak, misalnya Rp 7.000 per meter persegi.

Biaya jasa kebersihan juga bisa diberlakukan berdasarkan durasi kerja. Misalkan, Rp 50 ribu per jam.

Masalah harga ini sebaiknya ditetapkan setelah melihat harga dari usaha sejenis yang sudah ada. Dengan demikian, harga yang ditawarkan kompetitif.

Ilustrasi kamar mandithinkstock/jacek_kadaj Ilustrasi kamar mandi

Saat ini, Lippo Group tengah membangun kota baru Meikarta yang memiliki desain dan infrastruktur berskala internasional.

Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan, hunian yang dekat dengan kawasan industri Cikarang itu ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 127 juta per unit.

Pada tahap pertama, Lippo akan membangun apartemen sebanyak 200 ribu unit yang siap diserahterimakan pada akhir 2018.

Ratusan ribu unit apartemen tersebut tentunya membutuhkan jasa kebersihan. Ini merupakan sebuah peluang besar untuk membuka jasa cleaning  service di Meikarta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com