Advertorial

Ini Resep Suksesnya Ciputra (Bagian 2)

Kompas.com - 28/09/2017, 14:00 WIB

Selain menjelaskan resep sukses menjadi pengusaha, Ciputra juga menjelaskan beberapa cara untuk mendidik anak agar memiliki jiwa pengusaha.

"Ketika pergi ke pusat perbelanjaan, tanyakan tiga pertanyaan: toko mana paling bagus, paling ramai, kalau ada kesempatan membuat toko, toko apa itu? Latih anak dengan cara itu," pesan pendiri PT Pembangunan Jaya tersebut.

Lalu apa sebenarnya rahasia kesehatan dan panjang umur Ciputra? Kepada Bisnis Indonesia, ia bahwa rahasia suksesnya adalah 5D, doa, dokter yang ahli, diet, disiplin dan duit.

"Iman dan berdoa pada Tuhan, dokter yang ahli, diet, jangan sembarang makan, disiplin hidup, istirahat dan olahraga teratur. Boleh tidak olahraga asal istirahat cukup, sekali olahraga jangan berhenti dan (kelima) duit," sebutnya.

Berkat 5D itu, Ciputra yang sudah divonis menderita penyakit ginjal kronis itu merasa sehat. Sampai sekarang, ia bahkan tidak melakukan cuci darah. Selain menerapkan 12 Entrepeneurship Way, Ciputra juga gemar seni dan keindahan.

Dia adalah salah satu kolektor patung dan lukisan. Dia memiliki berbagai patung dari logam maupun batu. Dia juga memiliki 117 lukisan karya Hendra Gunawan yang bernilai lebih dari Rp 2 triliun.

Meski sudah menyerahkan bisnis pada anak-anaknya, Ciputra mengaku masih memiliki impian dalam bisnis yang belum tercapai.

"Saya ingin membangun satu kota berdasarkan kekayaan alam Indonesia," pungkasnya.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com