Sorot

Kota Mandiri di Cikarang, Hunian Masyarakat Berwawasan Internasional

Kompas.com - 28/09/2017, 14:09 WIB

KompasProperti - Pembangunan kota mandiri Meikarta menawarkan apartemen dan area komersial yang lengkap dengan fasilitas berstandar internasional.

Berbagai fasilitas mulai dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan universitas, pusat riset dan perpustakaan, dan gedung pertunjukan akan dibangun di Meikarta.

Meski berkelas internasional, berbagai fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan semua warga Meikarta.

Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan, persaingan di masa depan akan semakin ketat di mana pemenangnya adalah mereka yang sehat secara jasmani dan rohani, serta memiliki skill berkelas internasional.

"Untuk itu, Lippo Group menyediakan lembaga pendidikan yang berkualitas internasional di Meikarta. Kami juga mengundang tiga universitas negeri untuk bekerja sama di Meikarta," ujarnya.

Baca: Kota Baru Meikarta Tawarkan Pendidikan Berkualitas

Penandatanganan kerjasama telah dilakukan untuk membangun Universitas Pelita Harapan (UPH), rumah sakit Siloam, dan hotel-hotel yang akan dikelola Langham Group Hospitality di kawasan Meikarta, Cikarang.

UPH terpilih karena berkualitas dunia dan memiliki jaringan dengan berbagai universitas terkemuka di sejumlah negara.

Ilustrasi belajar bahasa Mandarin.IST Ilustrasi belajar bahasa Mandarin.


UPH telah menjalin kemitraan strategis dengan National University of Singapore, Queensland University of Technology di Australia, Biola University di Amerika Serikat, Ilmenau University of Technology di Jerman, dan Xiamen University di China.

Selain itu, Sekolah Pelita Harapan (SPH) dan Sekolah Dian Harapan (SDH) juga akan dibangun. SPH dipilih karena merupakan sekolah internasional yang telah diakreditasi oleh International Baccaulareate (IB) yang berbasis di Geneva, Swiss.

Baca juga: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Kota Baru Meikarta

Sementara, SDH merupakan sekolah berkurikulum nasional dengan fasilitas berstandar internasional. Sekolah itu mendidik siswa-siswanya agar cakap secara intelektual serta memiliki jiwa kepemimpinan yang beretika dan bermoral baik.

Tak cuma pendidikan, Meikarta juga menyediakan layanan kesehatan bagi warganya. Rumah Sakit Siloam, yang merupakan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia, akan hadir di kota baru dekat kawasan industri Cikarang itu.

Baca: Kota Modern Tak Lengkap Tanpa Fasilitas Kesehatan Holistik

Siloam terdiri atas 30 rumah sakit yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Untuk melayani sekitar dua juta pasien per tahun, Siloam ditangani oleh 400 dokter umum, 1.500 dokter spesialis, 7,200 perawat, dan staff lainnya.

Untuk layanan perhotelan, Lippo bekerja sama dengan Langham Group Hospitality. Langham telah berpengalaman 150 tahun dan memiliki reputasi terbaik di dunia.

Menurut Ketut, Langham dibutuhkan karena Lippo berencana membangun International Exhibition and Convention Center berkapasitas 200 ribu orang.

Sedangkan untuk pusat perbelanjaan, Lippo Mall telah siap untuk membuka pusat perbelanjaan di Meikarta. Saat ini, terdapat 59 Lippo Mall di berbagai kota di Indonesia, yang masing-masing berfungsi sebagai pusat perbelanjaan sekaligus tempat wisata kuliner dan bersantai.       

Lippo Mal KemangTribunnews Lippo Mal Kemang


Pembangunan gedung pameran dan konvensi yang lengkap dengan pusat perbelanjaan dan hotel bintang 5 itu sejalan dengan strategi Kementerian Pariwisata, yang menjadikan bisnis MICE (meeting, incentives, convention, dan exhibition) sebagai produk unggulan pariwisata nasional.

Berbagai event nasional maupun internasional di gedung itu tentu bisa menjadi bukti keberadaan Meikarta sebagai sebuah pusat bisnis baru di Indonesia.

Kota mandiri Meikarta dibangun untuk masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya pendidikan, kesehatan, dan perekonomian yang berkembang secara berkesinambungan.

“Nantinya, anak-anak di Meikarta tumbuh sebagai manusia yang sehat, cerdas, profesional, dan berwawasan internasional,” katanya.      

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com