Advertorial

Jaga Perilaku di Media Sosial Jika Ingin Punya Masa Depan Karier Cerah

Kompas.com - 29/09/2017, 19:00 WIB

Jika Anda ingin memiliki masa depan karier yang cemerlang, perilaku di media sosial harus benar-benar Anda jaga. Menurut survei yang dilakukan oleh Jovite Social Recruiting di 2014 sebanyak 93 persen perekrut karyawan sudah mulai mempertimbangkan unggahan di media sosial calon karyawan untuk menilai kecocokannya dengan perusahaan.

Jika tidak mau kehilangan kesempatan mendapat panggilan wawancara dan memiliki masa depan karier suram hanya karena asal unggah sesuatu di media sosial sebaiknya lakukan hal-hal ini.

1. Perhatikan ejaan dan tata bahasa di media sosial

Media sosial adalah etalase untuk mempromosikan diri kita. Oleh karena poles unggahan di media sosial Anda termasuk dari segi tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. Kesalahan yang terkesan sepele terkait tiga hal tersebut dapat membuat para perekrut salah tangkap atau salah menilai bahwa diri Anda tidak bisa menyampaikan gagasan atau pendapat dengan baik.

2. Jangan suka mengeluh di media sosial

Para perekrut akan menilai bagaimana Anda menyuarakan opini mengenai apa yang terjadi. Termasuk memperhatikan opini Anda tentang kejadian atau hal yang Anda alami di kantor. Mereka bisa mengetahui bagaimana cara Anda menghadapi tekanan atau mengelola stres.

3. Perhatikan komentar dan pengakuan

Para perekrut belajar banyak tentang calon karyawan dengan melihat pengakuan (recognition) yang didapat dari profil LinkedIn- nya.  Jadi, pastikan bahwa pengakuanyang diberikan pada Anda memang menunjukkan kekuatan Anda. Mereka juga akan memperhatikan komentar-komentar calon karyawan di setiap media sosial.  yang ia buat di berbagai media sosial. 

4. Jangan unggah foto yang mengundang pandangan negatif

Mengunggah foto-foto heboh ketika sedang berpesta adalah hak Anda sebagai pemilik media sosial. Namun, tidak bisa dimungkiri foto-foto semacam itu bisa saja menjadi perhatian besar dan mengundang pandangan negatif calon bos Anda. Hindari juga mengunggah foto-foto Anda sedang berperilaku tidak pantas, foto senjata api, atau obat-obatan.

5. Konsistensi antar media sosial

Bisa jadi, saat ini Anda punya akun LinkedIn yang luar biasa. Namun, bila perekrut mendapati akun Facebook yang Anda miliki tidak sebaik LinkedIn Anda, hal ini bisa meninggalkan kesan buruk. Intinya, pastikan semua situs media sosial yang Anda miliki memiliki kesan positif.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com