Advertorial

Samosir Lake Toba Ultra Marathon Ketiga Kembali Digelar

Kompas.com - 02/10/2017, 11:03 WIB

Pengurus Kota Samosir menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Kabupaten Samosir untuk menggelar sebuah kegiatan wisata yang dikemas menjadi ajang olahraga lari bertajuk Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2017. Salah satu ajang olahraga yang paling diminati di Tanah Air tersebut telah berlangsung pada Sabtu (23/9/2017) lalu dengan posisi start dan finish di Hotel Sitio-tio, Panguguran, Samosir, Sumatera Utara.

Event yang telah diadakan untuk ketiga kalinya ini tidak hanya diminati para pelari lokal, tetapi juga pelari dari daerah lainnya dan bahkan mancanegara, seperti Malaysia. Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2017 memiliki empat kategori berbeda, yaitu, Ultra Marathon 50 km, Half Marathon 25 km, 10 km, dan 5 km. Kategori yang paling banyak diikuti dalam ajang kali ini adalah 25 km dan 10 km yang diikuti lebih dari 1.000 peserta.

Sambil berlari, para peserta mendapat suguhan berupa pemandangan indah. Itulah kenapa ada begitu banyak pelari yang terlihat membawa kamera untuk mengambil foto maupun video di lintasan lari. Tidak lupa, foto dan video itu diunggah ke akun media sosial masing-masing.

Lintasan 50 km dan 25 km memiliki lintasan paling menantang. Sebab, para peserta harus lari menanjak hingga puncak Pandang Tele. Namun, perjalanan menuju puncak yang cukup sulit itu terbayar dengan pemandangan lanskap alam yang memesona.

Antusiasme para peserta terlihat dari berbagai postingan di Instagram yang bercerita seputar pengalaman mereka mengikuti Samosir Lake Toba Ultra Marathon 2017.

- -

“Yihaaa, akhirnya saya menyelesaikan marathon pertama saya. Saya sangat bersyukur karena bisa menyelesaikanya di bawah COT yang di tentukan. Sungguh 50 km bukan hal yang main2. I promise next marathon will be better . See yaa next marathon,” kata pemilik akun @dikazlc yang berpartisipasi dalam 50 km.

Hal serupa juga disampaikan oleh pemilik akun @naninbasuki yang merupakan salah satu peserta kategori 10 km.

“Saat berlomba di Samosir Lake Toba Ultra 2017 minggu lalu, saya memilih menikmati keindahan alam dan finish strong bersama teman-teman tersayang ... dan apapun pilihan itu, saya tetap pemenangnya, karena berhasil menyelesaikan dengan baik apa yang menjadi pilihan saya,” ujar @naninbasuki.

- -

Lebih menyenangkan lagi, para penduduk yang bermukim di sekitar lintasan lari tampak menyambut kehadiran para peserta yang berlari melewati desa mereka. Sejumlah penduduk tampak bersorak memberikan semangat kepada para pelari. Bahkan, ada beberapa murid dan guru dari sekolah setempat yang turut hadir meramaikan acara di sejumlah titik lintasan.

Untuk melihat keseruan Samosir Lake Toba Ultra 2017, silakan kunjungi akun Instagram @runningexplorer atau hashtag #samosirlaketobaultra2017. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com