Advertorial

Mengenal Definisi SUV

Kompas.com - 02/10/2017, 18:13 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Perkembangan mobil bergenre Sport Utility Vehicle atau kerap disebut SUV dari masa ke masa punya gaya berbeda. Meski demikian, evolusinya tidak sampai melupakan "main core" dari SUV sendiri, yakni karakter dan definisi.

Lantas apa definisi dan karakter yang dimaksud dengan SUV. Bila mengacu dari sudut pandang sejarah, SUV punya klasifikasi sebuah kendaraan penumpang yang dibangun di atas kerangka truk ringan.

Maksud dari kerangka truk adalah stuktur sasis yang lebih kokoh dan kuat dibandingkan jenis kendaraan lain, seperti sedan, hatchback, city car, atau MPV. Bahkan biasanya juga tidak lepas dari sistem penggerak empat roda (4x4), menggingat peruntukannya sebagai kendaraan yang mampu melibas medan berat.

Tampilan SUV pada umumnya punya desain dengan karakter yang kokoh. Salah satu ciri paling dasar adalah jarak sasis ke dasar ban alias ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan jenis kendaraan lain, bahkan pada model lawas SUV selalu identik dengan tampilan letak ban cadangan pada bagian belakang, tepat di pintu bagasi.

- -

Sayangnya, tidak ada ketentuan berapa jarak pasti untuk ground clearance yang dimiliki SUV, begitu juga untuk ketentuan pelek serta jenis sistem suspensi yang digunakan.

"Jelasnya SUV punya kaki-kaki yang lebih kuat, dalam arti ground celarance lebih tinggi serta diikuti dengan profil ban yang lebih tebal. Tapi tidak ada acuan baku berapa jarak ground clearance untuk SUV sebenarnya," ujar General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi saat dihubungi KompasOtomotif, Sabtu (30/9/2017).

Tren SUV

Mengikuti tren perkembangan dunia otomotif, SUV kini pun berbenah diri. Dari desain tidak lagi berbentuk kaku, teknologi pun makin banyak dikembangkan namun tetap mengacu pada jarak ground clearance yang lebih tinggi diantara jenis mobil lainnya.

Pihak produsen umumnya memisahkan kategori SUV menjadi dua, Low Sport Utility Vehicle (LSUV) dan SUV. LSUV lebih ke masalah fungsi dan harga, umumnya bisa digunakan sehari-hari tanpa ada pilihan penggerak roda namun tetap memiliki nuansa kokoh dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan SUV sesungguhnya.

"Bica tampilan, SUV itu sebenarnya mengambil dari profil jip. Jadi kendaraan yang tangguh dan siap digunakan di segala medan, tapi untuk saat ini SUV juga menjadi bagian dari gaya hidup, karena itu ada klasifikasi," ucap Dadi.

Seperti diketahui, Toyota sendiri cukup lengkap memiliki line-up SUV. Namun diantara beberapa model, Toyota Rush menjadi salah satu yang terlaris lantaran harga yang lebih kompetitif namun tetap memiliki kemampuan SUV sejati, baik dari sisi tampilan dan performa. (ADV)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com