Kilas

Ganjar Tunduk pada Keputusan PDIP

Kompas.com - 03/10/2017, 11:17 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com- Gubernur Jawa Tengah yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ganjar Pranowo siap menerima keputusan partai soal kader yang diusung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.

Gubernur Jawa Tengah yang memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013 ini mengatakan akan mendukung apa pun keputusan partai. Termasuk, jika ia tidak direkomendasikan oleh partai berlambang banteng tersebut.

Ganjar menegaskan, kader partai harus siap untuk dicalonkan atau tidak dicalonkan.
"Kader itu  harus siap diperintahkan dan siap untuk tidak diperintahkan," ujar Ganjar di Kabupten Banyumas, Senin (2/9/2017).

Ia pun berkisah, bahwa dirinya tidak meminta untuk diajukan saat Pilkada Jawa Tengah 2013. Namun, saat itu Ganjar diusulkan oleh Fraksi PDI-P sebagai calon Gubernur Jawa Tengah.

"Kursi (gubernur) ini tidak untuk direbut-rebut.  Jadi, Saya coba mengingat kembali sejarah ketika Saya datang ke Jawa Tengah. Saya tidak pernah meminta mendaftar untuk jadi gubernur, tapi fraksi yang mengusulkan," katanya.

Safari politik

Terkait kunjungannya ke sejumlah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Ganjar membantah bahwa hal itu dilakukan sebagai bagian persiapan Pilgub Jawa Tengah.

Menurut dia, silaturahim antarkader PDI-P merupakan sesuatu yang lumrah. Dalam pertemuan itu, Ganjar dan para kader banteng lainnya membahas persoalan yang dihadapi masyarakat

Ia tak membantah bahwa ada kader yang secara terbuka menyampaikan dukungan agar Ganjar kembali maju dalam Pilgub Jawa Tengah 2018. Ia menilai pernyataan kader itu hanya dukungan individu, tidak membawa nama partai.

"Kalau sikapnya DPC (PDI-P) enggak. Karena, kami di PDI-Perjuangan itu siapapun yang akan direkomendasikan oleh Bu Mega kami akan dukung. Semua calon yang mendaftar semua akan mendukung calon yang direkomendasikan," ujarnya.

PDI-P hingga kini belum mengumumkan nama calon yang akan diusung pada Pilgub Jawa Tengah 2018.

Selain Ganjar, tokoh yang digadang-gadang maju dalam Pilkada Jawa Tengah yakni mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said.


Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com