Advertorial

Sisi Lain Chrisye yang Tak Terungkap di Layar Kaca

Kompas.com - 04/10/2017, 11:31 WIB

Satu dekade sudah almarhum Chrisye berpulang. Namun, kenangan tentang sosok penyanyi pria bersuara lembut ini tidak akan ada habisnya. Lagu-lagunya, seperti “Untukku”, “Aku Cinta Dia”, “Lilin-lilin Kecil”, “Anak Sekolah”, dan “Ketika Tangan dan Kaki Berkata”, disukai dari generasi ke generasi. Mungkin dari orangtua Anda, sampai Anda sendiri tahu, bahkan ikut menyenandungkan lagu-lagu tersebut saat diputar di radio.

Sosok pria beranak dua ini begitu dicintai. Bukan hanya karena karya-karya briliannya, tetapi juga kejujuran dan kesahajaannya. Anda yang mengidolakan sosoknya pasti tahu, betapa kikuknya almarhum Chrisye saat menari di atas panggung. Namun hal itu tidak pernah menjadi celaan, toh, lirik dan aransemen musik dalam lagu-lagunya selalu apik dan sukses memikat hati pendengarnya.

Boleh jadi, Anda yang penggemar Chrisye tahu dan punya semua album plus daftar lagunya. Atau mungkin tak pernah ketinggalan menonton konser sampai berjabat tangan langsung dengannya.

Namun, mungkin juga Anda belum kenal sosok Chrisye yang sebenarnya. Sosok Chrisye sebagai pria yang berjuang mewujudkan cita-citanya, kepala keluarga, dan pria yang juga banyak berpikir soal spiritualitas. Tentu saja, hal-hal ini tak bisa Anda lihat dari penampilannya di atas panggung atau layar kaca.

Bagi penyanyi bernama asli Christian Rahadi ini, menjadi seniman bukanlah perkara mudah. Semasa muda, rupanya ia perlu berjibaku untuk melahirkan karya musik dan puluhan album, dengan menentang kemauan ayahnya. Cita-cita Chrisye menjadi musisi harus berbenturan dengan keinginan sang ayah, yakni menjadikan anaknya sebagai Insinyur.

Tak banyak yang tahu soal kisah ini. Pasalnya, almarhum Chrisye memang dikenal tertutup soal kehidupan pribadinya kepada media. Namun, penggalan kisah tersebut bisa Anda saksikan di film Chrisye, yang disutradarai Rizal Mantovani dan ditulis oleh Alim Sudio.

Film ini banyak bercerita tentang sosok Chrisye di balik layar kaca, mengenai kasihnya kepada keluarga, perjuangannya meniti karier sebagai musisi, sampai mencari dan mempertahankan keyakinan jiwanya. Kisah cinta bersama sang istri, Damayanti Noor, pun diungkap dalam film ini.

Sosok Chrisye diperankan oleh Vino G. Bastian dan Damayanti Noor diperankan oleh Velove Vexia. "Film itu menceritakan tentang kehidupan saya dan Chrisye, mulai menjabarkan sebuah kejadian Chrisye yang berubah. Chrisye itu terlalu tertutup ketika hidup, makanya kehidupan pribadinya sama sekali tidak ada di media paling kalau ada cuma sedikit," kata Yanti saat ditemui Kompas.com pada pada peluncuran poster dan trailer film Chrisye di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Film yang diproduksi MNC Pictures ini akan dirilis bulan Desember 2017. Boleh jadi, film ini menjadi sarana yang tepat untuk mengenal sosok Chrisye lebih dalam, sosok Chrisye yang “family man”, dan tak kikuk seperti saat tampil di atas panggung.  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com