Advertorial

Ayo Bernostalgia Bersama di Festival Musik IDN Soundcape Class of 00’s

Kompas.com - 04/10/2017, 11:43 WIB

Masa sekolah merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dikenang. Sebab, ada begitu banyak cerita dan pengalaman yang tidak terlupakan. Semua itu menjadi memori yang menarik untuk dibicarakan saat menghadiri acara reuni.

Berbicara soal nostalgia, zaman 2000-an menjadi salah satu era yang dianggap paling asyik dan seru dibanding tahun-tahun lainnya. Bagaimana tidak? Pada era tersebut, ada segudang permainan seru, mulai dari Tamagochi hingga video game.

Ada juga berbagai permainan papan yang sangat digemari oleh generasi yang lahir antara tahun 1980 – 2000 atau biasa disebut dengan generasi milenal. Sebut saja monopoli dan ular tangga yang terasa semakin seru bila dimainkan oleh banyak personel. Hal itu dikarenakan teknologi gadget maupun internet belum berkembang pesat seperti sekarang ini.

Selain permainan, masih ada hal menarik yang kerap muncul saat sedang bernostalgia, yaitu pengalaman ketika duduk di bangku sekolah. Namun, pengalaman setiap orang yang termasuk dalam generasi milenial tentu berbeda-beda. Ada yang kangen dengan teman sepermainan, jajanan di depan gerbang sekolah, guru paling baik atau galak, dan kakak kelas idaman.

Di sisi lain, tahun 2000-an merupakan tahun keemasan bagi indutri musik Indonesia. Ada sejumlah penyanyi dan grup musik yang menunjukkan prestasinya dengan memenuhi tangga lagu radio maupun televisi.

Beberapa program musik, seperti Music Television (MTV), Nuansa Musik, dan Bursa Musik Indonesia (BMI) berlomba-lomba memutar lagu dan video dari penyanyi atau grup musik Indonesia yang berjaya pada masanya.  Tidak sedikit pula orang yang masih menyimpan kaset, CD ataupun rekaman musik idola mereka. Bahkan, ada beberapa yang masih setia mengumpulkan untuk melengkapi koleksi.

- -

Hal-hal seperti itulah yang menginspirasi IDN Media untuk menghelat festival musik terbesar, yaitu IDN Soundscape Class of 00’s. Sesuai namanya, festival musik ini akan mengangkat tema era 2000-an. Acaranya sendiri akan digelar pada 28 Oktober 2017 mendatang di Eco Park Ancol.  

Dalam pelaksanaannya, IDN Media bekerja sama dengan desainer Tanah Air, yaitu Danjyo Hiyoji. Melalui festival musik ini, IDN Media menghadirkan sederet musisi yang berjaya pada tahun 2000-an. Tidak hanya itu saja, acara juga akan dilengkapi dengan nuansa throwback yang akan membangkitkan nostalgia terhadap masa SMA yang menyenangkan.

“Menonton pertunjukan musik merupakan salah satu cara untuk mengobati kerinduan bersama dengan teman-teman. Bertemakan class of 00’s, kami menyuguhkan konsep unik yang dapat memuaskan pengunjung dengan pertunjukkan dari musisi hebat tahun 2000-an. Tidak hanya itu, kami juga menyajikan suasana throwback pertama kali di Indonesia, di mana seluruh pengunjung akan diberikan kesempatan untuk mengulang masa SMA salah satunya dengan menggunakan seragam putih abu-abu ke acara kami,” ucap William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media.

Setelah membeli tiket, para pengunjung akan mendapatkan starter kit berupa seragam SMA yang harus mereka kenakan selama acara berlangsung. Selain seragam, starter kit juga berisi denah venue dan petunjuk untuk merombak seragam sesuai dengan keinginan. Namun, para pengunjung juga bebas berkreasi sesuai dengan ide dan kreativitas masing-masing.

“Pembeli tiket dapat menukarkan e-confimartion ticket dengan starter kit sejak dua bulan sebelum acara diselenggarakan. Mereka diperbolehkan mengubah desain seragam sesuai dengan keinginan masing-masing. Hal ini kami lakukan untuk menambah keseruan dan menimbulkan nostalgic moment yang belum pernah ditemui di pertunjukan musik manapun,” kata William.

Musisi ternama yang telah dipastikan akan mengisi panggung IDN Soundscape class of 00’s adalah Slank, Naif, Kahitna, Gigi, Tulus, Pongki Barata (ex-Jikustik),  Andra and the Backbone, Tompi, GAC, Float, dan D’masiv, Terdengar seru, ya?

Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari IDN Soundscape class of 00’s, langsung saja beli tiketnya secara online di IDN Soundscape atau Loket.com. Ikuti juga semua perkembangan terbaru seputar acara dengan follow akun Instagram resmi @idn.soundscape. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com