Advertorial

Kunci Sukses Membangun Merek yang Kuat ala Ismaya

Kompas.com - 04/10/2017, 19:00 WIB

Ismaya Group bukan pemain baru di ranah industri restoran dan eksibisi Indonesia. Genap empat belas tahun sudah Ismaya menghadirkan berbagai tempat dan acara hiburan untuk konsumennya. Beberapa restoran dan klub ternama yang sukses dibangun oleh Ismaya group diantaranya Skye, Publik Markette, Dragonfly, Blowfish, dan event seperti DWP dan Jakarta Culinary Festival.

Dalam acara BCA Young Community yang diselenggarakan Selaaa (5/9/2017) lalu, Head of Marketing Resto Concept Ismaya Group, Poppy Imlati berkesempatan untuk berbagi dengan para peserta. Pada hari itu di Publik Markette Jakarta, Poppy menjelaskan dua hal yang menentukan kesuksesan sebuah merk, yaitu visi dan konsep.

Menurut Poppy, merek yang kuat berawal dari pandangan jangka panjang merek tersebut dan didukung dengan pengembangannya. “Visi kuat yang didukung wawasan serta divisi penelitian dan pengembangan (litbang) yang mumpuni membuat kami bisa memiliki merek yang kuat,” kata Poppy.

Salah satu contoh merek Ismaya yang sukses adalah Sushi Groove. Poppy menjelaskan, visi awal dari Sushi Groove yaitu menyajikan hadingan sushi khas Jepang yang harganya ramah bagi semua kalangan.

“Dulu, sebelum menjadi klub, Blowfish adalah resto sushi dengan harga premium. Namun, seiring perubahan visi, Blowfish berubah menjadi klub dan kami membuat resto sushi baru bernama Sushi Groove untuk menyediakan sushi dengan harga ramah bagi semua orang. Ide ini kami dapat dari litbang kita,” paparnya.

Berangkat dari visi yang suah ditentukan, maka dikembangkan konsep dari merek tersebut. Konsep memainkan peranan penting sebagai identitas dari merek yang akan dibangun. Perlu diperhatikan, konsep sebuah merek harus bisa menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi konsumennya.

“Bila sudah mengetahuinya, kita akan paham produk seperti apa yang akan kita buat. Tujuan kita, membuat orang senang sejak ia datang hingga pulang. Semua pengalaman harus diciptakan dengan apik,” pungkasnya.

Visi dan konsep adalah fokus utama yang dikelola untuk membangun sebuah merek yang kuat. Dengan meniru strategi pengembangan merek yang dilakukan oleh Ismaya, maka bukan tidak mungkin sebuah merek berkesempatan pula untuk mencicipi kesuksesan serupa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com