Advertorial

Ini Cara untuk Menjadi Influencer Sukses di Media Sosial

Kompas.com - 06/10/2017, 14:00 WIB

Kegiatan membuat konten di sosial media seperti Youtube sekarang ini bukan lagi dilihat sebagai sambilan. Kegiatan ini bahkan sudah dikatakan sebagai sebuah profesi.

Tidak bisa dianggap enteng, profesi ini sudah menjadi impian anak-anak jaman sekarang. Bukan lagi dokter, insinyur, ataupun presiden. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) pernah membuktikannya ketia bertanya pada anak-anak mengenai pekerjaan impian mereka ketika dewasa ketika sedang melakukan sosialisasi pajak ke berbagai kalangan.

Memang maraknya media sosial membuat profesi youtuber atau influencer jadi digandrungi bayak orang. Belum lagi, profesi tersebut juga menawarkan peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Buat kamu yang berniat menjadi influencer, Kevin Hendrawan dan Reza Pahlevi memberi beberapa kiat sukses.

Konsisten dan Disiplin

Reza mengaku sudah aktif di media sosial sejak 2014. Saat itu, dia tidak berniat menjadikannya sebagai profesi, melainkan hanya untuk bersenang-senang. Namun ternyata banyak yang suka dengan konten yang ia buat, khususnya kaum muda.

"Setelah itu, sampai sekarang saya berusaha membuat konten setidaknya satu sehari," kata Reza di Social Media Week 2017.

Bila sedang melakukan perjalanan atau menemukan hal menarik, Reza bisa mengunggah tiga sampai empat konten di media sosial miliknya. Konten yang ia unggah pun bisa beraneka macam, mulai dari gaya busana, kuliner khas, pemandangan, kegiatan harian dan sebagainya.

Senada, Kevin juga melakukan hal yang sama. Bedanya, Kevin lebih senang bermain di Youtube ketimbang media lain. Salah satu alasannya adalah tak ada batasan waktu seperti Instagram. Wujud konsisten yang ia tunjukkan pada follower yang ia miliki adalah berupa jadwal tetap konten baru.

"Saya mengunggah tiga kali seminggu, waktunya pun tetap dan diatur, jam 18.30 WIB. Mengapa memilih jam itu? Karena memang trafiknya paling tinggi," katanya.

Miliki Ciri Khas

Baik Reza dan Kevin sepakat bahwa influencer adalah profesi yang bisa dibilang tidak memiliki kompetitor. Antar influencer justru bisa saling bekerja sama membuat konten yang semakin menarik.

"Karena itu, jadilah diri sendiri dan miliki ciri khas," kata Kevin.

Bagaimana membuat konten yang menarik dan orisinal? Sebetulnya kamu cukup dengan membuat konten yang menurutmu menarik dan langsung pantau respons dari publik. Reza juga menambahkan kalau kamu juga bisa mengembangkan ide influencer yang sudah ada, Misalnya, dari metode pengambilan gambar atau video influencer lain.

Kualitas

Jangan lupakan kualitas di tiap gambar maupun video. "Saya pernah melakukan dua kali pengambilan gambar untuk klien. Sampai sekarang belum disetujui," kisah Reza.

Kevin juga pernah melakukan perjalanan dari jam dua dini hari untuk mengejar terbit matahari. Di puncak, ternyata hujan sehingga matahari tertutup kabut. "Untuk menerbangkan drone, saya harus menunggu sampai berjam-jam," kenang Kevin.

Hal tersebut mereka lakukan demi menjaga atau mendapatkan kualitas yang baik.

Menjadi Pribadi yang Terbuka

Baik Kevin maupun Reza menyarankan, bersiaplah menerima kritik dan masukan, khususnya yang bersifat positif.

"Komentar soal gambar atau video kurang jelas harus kamu terima dan jadi pertimbangan membuat konten selanjutnya," saran Reza.

Kevin pun sepakat. Dia menambahkan, bila mendapat kritik yang tidak masuk akal dan bukan hal positif, tutup telinga saja dan lanjutkan pekerjaan yang sudah kamu lakukan.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com