kabar mpr

Zulkifli Hasan Berharap Itera Bisa Bangun Peradaban Lebih Baik di Indonesia

Kompas.com - 08/10/2017, 14:48 WIB

Untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Satu-satunya kunci untuk mewujudkan itu semua adalah lewat pendidikan yang merata. 

"Agar ketimpangan bisa diatasi, ilmu pengetahuan harus dipersiapkan secara matang. Ruang pendidikan harus dibangun secara merata di tiap daerah," kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat menghadiri Dies Natalis Institut Teknologi Sumatera (Itera), Lampung Selatan, Jumat (6/10/17) lalu. 

Itera, menurut Zulkifli, mengalami perkembangan secara signifikan hanya dalam jangka waktu tiga tahun sejak pertama kali didirikan. Saat ini, proses pembangunan gedung sudah mencapai 40 persen. Ia pun berharap bahwa kampus tersebut bisa mencetak generasi unggulan di bidang teknologi yang mampu membantu membangun peradaban lebih baik di Indonesia. 

Selain menghadiri Dies Natalis, Zulkifli juga menghadiri acara peresmian dan menandatangani prasasti pembukaan Masjid Itera yang digadang-gadang bakal menjadi masjid terbesar di Sumatera. 

“Masjid kampus selain menjadi tempat ibadah juga menjadi titik temu ide, pikiran, dan gagasan anak anak muda. Inilah tempat bersemainya calon-calon pemimpin bangsa,” tutur Zulkifli. 

Zulkifli meyakini bahwa perpaduan ilmu pengetahuan dan iman bisa memajukan bangsa dan negara sehingga Indonesia berdaulat dalam banyak hal. Dengan begitu, segala bentuk ketimpangan sosial yang selama ini menjadi masalah utama bisa dihapuskan. 

"Mari bangun generasi masa depan dengan bekal iman, taqwa, dan ilmu pengetahuan. Generasi Iptek dan Imtaq,” ujar Zulkifli saat mengakhiri kata sambutan. (IAP).

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com