Advertorial

Pakai SUV Siap Diajak Kemana Saja

Kompas.com - 10/10/2017, 18:00 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Secara desain dan konsep mobil Sport Utility Vehicle (SUV) sudah banyak mengalami perkembangan. Tampilan kotak yang dulu sudah terlihat pada pilar A mulai bergeser menjadi lebih landai.

Evolusi desain SUV bukan hanya karena perkembangan teknologi, tapi juga dampak perubahan selera masyarakat. Terutama bagi kalangan "urban people", yang mengidamkan sebuah SUV "stylish" tanpa menghilangkan kemampuannya sebagai mobil petualang.

Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto, menjelaskan pada dasarnya perubahan SUV terjadi karena ada "demand" dari masyarakat.

"Awalnya dari Eropa, lalu berlanjut ke Jepang. Tapi saat ini lebih berkembang desain-desain SUV dari Jepang karena memang marketnya lebih besar dan arahnya lebih ke konsep stylish," ucap Akbar kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Lantas seperti apa sebenarnya pandangan SUV di mata pecinta dan penggunanya. Aditya Febrian Setyawan dari salah satu pengguna Rush menjelaskan, SUV harus indentik dengan mobil yang kuat.

"Bukan hanya soal desain, tapi juga mengenai ketangguhannya. SUV itu buat saya seperti mobil koboi, ready di pakai kemana saja tanpa harus mikir dua kali. Salah satu yang bikin saya pilih Rush Ultimo karena itu, mobilnya nyaman di pakai harian dan enak digunakan bersama keluarga atau komunitas untuk perjalanan jauh. Jadi lebih ke soal rasa," kata Adit kepada KompasOtomotif.

Hal tersebut juga disampaikan Saladin Bonaparta salah satu pengguna Toyota Fortuner. Menurut pria yang akrab disapa Sata, pakai SUV itu punya pride tersendiri. 

"Punya ground clearance tinggi, siap dipakai ke mana saja baik jalan mulus atau rusak. Apalagi saat ini SUV makin beragam, ada pilihan yang muat tujuh penumpang tapi karakternya masih tangguh. Pakai SUV itu lebih percaya diri," kata Sata.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com